Beranda Akses Gerakan Jambi Bersedekah, HBA: Optimalisasi Zakat Sangat Luar Biasa

Gerakan Jambi Bersedekah, HBA: Optimalisasi Zakat Sangat Luar Biasa

JAMBI, AksesNews – Pada acara penyerahan bantuan untuk beberapa Pondok Pesantren (Ponpes) dan Rumah Ibadah yang ada di Provinsi Jambi, ada hal yang sangat menarik dan sangat disetujui oleh Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Golkar Dapil Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) tatkala Gubernur Jambi, Al Haris menyampaikan idenya perihal program Jambi Bersedekah yang diamini juga oleh Ketua Baznas Provinsi Jambi Hasan Basri Husen.

Seperti yang diungkapkan oleh Gubernur Jambi, Al Haris bahwa ke depannya ia ingin ada Gerakan Jambi Bersedekah yang diinisiasi dimotori pula oleh Baznas Provinsi Jambi selaku leading sektor pada program tersebut.

“Kita gerakkan Program Jambi Bersedekah, dan pola nya sedang kita diskusikan dengan Baznas Provinsi Jambi dan beberapa tokoh alim ulama yang ahli di bidang ini,” jelas Al Haris.

Bak gayung bersambut, HBA yang hadir pun sangat setuju dengan program seperti ini, seperti yang disampaikan oleh Gubernur Jambi Al Haris tadi, ia sangat sepakat kalau zakat di Provinsi Jambi dioptimalkan, maka sasarannya sangat jelas untuk masyarakat terkhusus kaum dhuafa yang memang sangat memerlukan, terlebih pada kondisi pandemi seperti ini.

HBA pun menilik potensi Zakat di Jambi kalau dalam hitungan angka sangat signifikan, misalkan jika Baznas bisa lebih dimaksimalkan peran fungsinya bisa ada MoU antara Baznas dan para pengusaha, Bank dan lainnya, wajib zakat dari potongan gaji para pengusaha serta karyawan yang mencapai nisab.

“Semua disalurkan ke Baznas Provinsi Jambi sekaligus ikut mensosialisasikan kepada mereka kalau wajib zakat ini peruntukannya membantu masyarakat yang lebih membutuhkan,” jelasnya.

HBA juga menambahkan, karena barangkali di Provinsi Jambi ada sekitar 10 sampai dengan 15 ribu pegawai baik Pemerintah maupun swasta termasuk di Bank pemerintah atau swasta serta Balai Kementerian yang kesemuanya itu adalah potensi besar untuk penyaluran dana zakat ini.

“Jika Baznas mampu merangkul, maka saya yakin akan berdampak sekali membantu masyarakat terutama masyarakat miskin,” ungkap HBA.

Adapun beberapa lembaga pendidikan Pondok Pesantren yang mendapat bantuan dari Baznas Provinsi Jambi diantaranya ialah Ponpes Al Jauharen Tanjung Johor, Mts Nurul Islam Danau Teluk, Ponpes Daarul Muhtadin Pelayangan, Ponpes Daarut Tauhid Kumpeh.

Ponpes Al Anwar Petanang Kumpeh, Ponpes Daarul Arifin Ness Jaluko, Ponpes Hadiqotul Ulum As Syafi’iyah Danau Lamo, Ponpes Dzulhijjah Batanghari, Ponpes Assyaf’ah Merangin, Ponpes Miftahul Huda Sarolangun dan Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Nipah Panjang, Tanjab Timur. (Bjs/*)

DRadio 104,3 FM Jambi