Beranda Akses Kemarau, Masyarakat Tanjabbar Gelar Shalat Istisqa Meminta Hujan

Kemarau, Masyarakat Tanjabbar Gelar Shalat Istisqa Meminta Hujan

TANJABBAR, AksesJambi.com – Jajaran Kepolisian Polres Tanjab Barat dan Kodim 0419/Tanjab serta masyarakat Kota Kuala Tungkal menggelar shalat Istisqa atau shalat meminta hujan, Kamis (15/08/19) bertempat di halaman Mapolres Tanjab Barat.

Shalat Istisqa ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi musim kemarau panjang dan untuk mengurangi kabut asap akibat dampak terjadinya Karhutla.

Sebelum melaksanakan shalat istisqa, kegiatan diawali dengan pembacaan Dzikir dan penyampaian tata cara pelaksanaan shalat Istisqa, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan shalat istisqa dengan imam shalat yakni Ustad Taufiqurrahman.

Selepas shalat istisqa, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian khutbah oleh Ustad Taufiqurrahman. Dalam penyampaian khutbahnya, Ustad Taufiqurrahman menyampaikan, shalat Istisqo adalah shalat sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan, shalat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan atau hajat tertentu.

“Hujan adalah karunia Allah SWT yang besar, segala kehidupan berasal dari air bahkan termasuk tubuh yang sehat dan kuat. Hukum shalat Istisqo adalah sunnah muakkadah bagi yang terkena musibah kelangkaan air untuk minum dan kebutuhan lainnya dan dianjurkan bagi kaum muslimin lainnya yang masih mendapatkan air, sebagai bentuk ukhuwah dan tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan,” kata usad Taufiqurrahman dalam khutbahnya

Sambung Ustad Taufiqurrahman menyampaikan, salah satu penyebab Allah SWT memberikan cobaan kepada umat manusia seperti musim kemarau adalah “Kemaksiatan”. Dan salah satu cara meminta ujan adalah dengan beristighfar dan bertaubat kembali kepada syariat syariat Allah dan meninggalkan kemaksiatan, sehingga diharapkan dapat membuka pintu rahmat Allah SWT.

Dan, bukan hanya sekedar manusia, bahkan hewan pun ikut berdoa dalam shalat Istisqo dan membaca tasbih kepada Allah SWT, karena kita tidak tahu, do’a mana yang akan dikabulkan untuk menurunkan hujan yang membawa rahmat, bukan hujan yang membawa mudharat kepada kita,” tutur Ustad Taufiqurrahman.

Ditempat terpisah, Kapolres Tanjab Barat AKBP ADG Sinaga, S.IK melalui Kabag Sumda Polres Tanjab Barat Kompol Acim Dartasim mengatakan, shalat Istisqa ini dilaksanakan bermaksud untuk memohon kepada Allah agar diberi hujan setelah musim kemarau berkepanjangan dan untuk mengurangi dampak kabut asap akibat adanya Karhutla.

“Kita laksanakan shalat istisqa ini sebagai upaya memohon kepada Allah agar diturunkan hujan, disamping upaya preventif dan preemtif yang telah dilakukan Polres Tanjab Barat dan Kodim 0419/Tanjab dalam mencegah Karhutla,” ujar Kompol Acim Dartasim

Turut hadir dalam kegiatan shalat istisqa tersebut yakni, Pejabat Utama Polres Tanjab Barat, Kasdim 0419/Tanjab, Polsek Jajaran Polres Tanjab Barat, Danramil Tungkal Ilir, Jajaran Kodim 0419/Tanjab, Personel Polres Tanjab Barat dan Kodim 0419/Tanjab, Personil Satpol PP dan Damkar Tanjab Barat, Siswa/i MAN 1 Tanjab Barat serta masyarakat Kota Kuala Tungkal. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi