Beranda Akses 40 Pemuda Jambi Diberangkatkan Magang ke Jepang

40 Pemuda Jambi Diberangkatkan Magang ke Jepang

JAMBI, AksesNews – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) memberangkatkan 40 orang calon pemagang (laki-laki) peserta pelatihan ke Lembang yang nantinya akan magang di Jepang.

40 orang calon pemagang tersebut, terdiri dari: 10 orang dari Kabupaten Kerinci, 6 orang dari Kota Jambi, 5 orang dari Kabupaten Muaro Jambi, 4 orang dari Kabupaten Sarolangun, 4 orang dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat, 3 orang dari Kabupaten Merangin, 3 orang dari Kabupaten Batanghari, 2 orang dari Kota Sungai Penuh.

Selanjutnya, 2 orang dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur, 1 orang dari Kabupaten Tebo. Selain 40 orang peserta dari Provinsi Jambi, ada 3 orang peserta titipan dari Provinsi Bengkulu yang mengikuti pelatihan, karena pusat pelatihannya berada di Provinsi Jambi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnakertrans Provinsi Jambi, H. M. Ali menyampaikan, peserta magang ke Jepang ini merupakan hasil seleksi yang telah dilaksanakan pada bulan September 2018.

“Mereka telah mengikuti pelatihan tahap pertama selama 59 hari di Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Jambi yang telah berakhir pada tanggal 5 Mei 2019,” kata Ali, Sabtu (15/06/2019).

Menurutnya, para peserta magang ini akan melanjutkan pelatihan tahap kedua pada mulai tanggal 18 Juni 2019 sampai dengan pertengahan Agustus 2019 yang dilaksanakan di Lembang, Jawa Barat.

“Selanjutnya, usai mengikuti pelatihan tahap kedua, para peserta ini secara langsung akan diberangkatkan ke Jepang pada September 2019,” kata Ali.

Ali mengungkapkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi, kualitas, dan keterampilan serta menyerap pemanfaatan teknologi sehingga terjadi perubahan mental sikap pada tenaga kerja menjadi lebih produktif.

“Kita mengharapkan, setelah selesai magang di Jepang, para peserta dapat membuka lapangan usaha dan menyerap lapangan kerja, sehingga dapat membantu dalam meningkatkan perekonomian di Provinsi Jambi,” harapnya.

Pada tahun 2019 ini, Pemerintah Pusat memberikan kesempatan bagi Provinsi Jambi untuk mengadakan seleksi sebanyak 2 kali, seleksi pertama telah dilaksanakan di Kabupaten Sarolangun pada bulan Januari 2019 dengan jumlah peserta yang lulus seleksi 62 orang.

“Pada Agustus 2019 ini, kita kembali akan mengadakan seleksi untuk para calon peserta magang ke Jepang yang akan dilaksanakan di Kota Jambi. Ini semua kita lakukan sebagai upaya dalam meningkatkan daya saing tenaga kerja di Provinsi Jambi,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jambi Fachrori Umar, secara langsung melepas keberangkatan Peserta Pelatihan Tahap II ke Lembang bagi Calon Pemagang ke Jepang, bertempat di Pelataran Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (15/06/2019).

Fachrori berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan secara seksama dengan tetap memegang teguh sikap disiplin dan kejujuran yang tinggi, bisa menyesuaikan diri dengan adat budaya setempat, dan harus menjaga nama baik bangsa Indonesia, khususnya nama baik Provinsi Jambi.

“Kegiatan ini menjadi cikal bakal tumbuhnya tenaga kerja baru yang memiliki kompetensi dan keterampilan dan nantinya setelah magang dapat menciptakan lapangan kerja baru, tidak hanya untuk dirinya, melainkan untuk masyarakat luas, khususnya masyarakat Provinsi Jambi,” pungkasnya. (Bahara Jati)