Beranda Akses Seleksi Calon Kepsek di Jambi, Disdik Verifikasi ke Sekolah

Seleksi Calon Kepsek di Jambi, Disdik Verifikasi ke Sekolah

JAMBI, AksesNews – Pemetaan dan seleksi calon kepala SMA, SMK, dan SLB di Provinsi Jambi sudah melewati tahap wawancara. Kini Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi mengerahkan tim untuk memverifikasi kondisi lapangan di sekolah-sekolah yang berada di naungannya.

“Tim ini memastikan apa yang disampaikan kepala sekolah. Jangan hanya sebatas bicara saja. Kenyataan lapangan harus sesuai. Ini yang kita lihat,” kata Kepala Disdik Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra, belum lama ini.

Sementara itu, Ketua Tim Pemetaan Kepala Sekolah lingkup SMA/SMK di Provinsi Jambi, Apani Saharudin, menyampaikan pihaknya sedang berada dalam tahap pengecekan sekolah-sekolah yang ada di Jambi.

“Ini kami lakukan untuk mengambil sampel bagaimana keadaan sekolah, bagaimana tanggapan guru serta siswanya, hingga manajemen sekolah. Kami juga mengambil foto-foto kondisi sekolah,” ungkapnya, Minggu (15/05/2022).

Sebagian sekolah besar di kabupaten dan kota, kata Apni, sudah dilakukan verifikasi lapangan. Untuk sekolah yang belum, akan dilakukan pengecekan segera.

“Terakhir sekolah di Kabupaten Batanghari, Muaro Jambi, Merangin, Sarolangun, Kerinci, dan Kota Sungai Penuh sudah dicek. Yang belum, segera kita cek,” katanya.

Ia mengaku pengecekan ini dilakukan secara diam-diam. Tidak ada pemberitahuan kepada pihak sekolah.

“Sehingga ada beberapa sekolah itu komplain ‘kok tak ada pemberitahuan biar sekolah melakukan persiapan’. Ya namanya juga kami mau mengambil data, sehingga ya harus diam-diam,” ujarnya.

Perlu diketahui, di Provinsi Jambi terdapat 278 SMA, SMK, dan SLB. Pemetaan kepala sekolah ini pun diikuti 350 orang calon kepala sekolah. (Sob/*)