Beranda Akses TNI Polri bersama Warga Desa Bangun Embung Sederhana di Tanjab Barat

TNI Polri bersama Warga Desa Bangun Embung Sederhana di Tanjab Barat

TANJABBAR, AksesJambi.com -Warga Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) melakukan aktivitas pembuatan embung. Hal ini dilakukan sebagai upaya dan antisipasi terkait dengan penyediaan air menghadapi musim kemarau tahun ini. Senin (15/03/2021).

Inisiasi pembuatan embung ini dilakukan bersama dengan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Tanjab Barat, dalam hal ini Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro bersama dengan Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto dan personil. Disampaikan oleh Kapolres Tanjab Barat bahwa pembuatan embung skala kecil ini untuk mengantisipasi suplay air di sekitar lahan.

“Karena desa ini juga masuk dalam kriteria yang rawan karena gambut, dan di sini juga sempat terjadi kebakaran, dan ini kita bersama dengan masyarakat buat embung dengan skala kecil,” kata Kapolres.

Pelaksanaan ini didukung oleh masyarakat sekitar lahan yang juga peduli terhadap pencegahan Karhutla di wilayahnya. Adapun embung yang dibangun dengan panjang 10 meter, lebar 5 meter, dan kedalaman 3 meter.

“Kita berharap ini hanya kita persiapkan, mudah-mudah di sini tidak terjadi kebakaran. Ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat menjadi tanggung jawab bersama ini perlu dibangun dan di kawal,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, menyebutkan bahwa TNI Polri hadir untuk masyarakat dalam upaya pencegahan Karhutla. Harapan disampaikan oleh Dandim bahwa upaya ini dapat menjadi contoh untuk desa lain, bergerak dengan mandiri untuk bersama membangun embung di sekitar lokasi rawan Karthutla.

“Kita berharap ini menjadi contoh bagi masyarakat lain. Membuat embung sederhana dengan bersama gotong royong untuk persiapan kita saat musim kemarau panjang sebagai suplai air,”tambahnya

“Kita juga secara masif akan arahkan pihak desa untuk bergotong royon bersama membuat embung sederhana ini. Kita juga himbau masyarakat untuk tidak membakar lahan,” pungkasnyap. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi