Beranda Advertorial Reaksi Cepat Pemkot Jambi, Ini Tugas Instansi Cegah Virus Corona

Reaksi Cepat Pemkot Jambi, Ini Tugas Instansi Cegah Virus Corona

KOTAJAMBI, AksesNews – Antisipasi Virus Corona di Kota Jambi, Wakil Walikota Jambi dr Maulana kumpulkan Kepala OPD Kota Jambi di kediamannya. Dalam pertemuan tersebut, di bahas terkait penanganan Covid-19 dan juga pembentukan gugus tugas, Minggu (15/03/2020).

Maulana meminta Dinas-dinas terkait kesiap siagaan dalam pencegahan penyebaran virus Corona. Selai itu, Dishub Kota Jambi diintruksikan agar bekerjasama dengan Polresta dan Dandim Jambi untuk memantau perbatasan dan bandara serta untuk mengecek kedatangan para penumpang yang datang dari luar ke Kota Jambi.

Dinas kesehatan Kota Jambi diintruksikan untuk memastikan SOP dipuskesmas secara ketat, semua pasien yang masuk ke puskesmas harus disiapkan hand sanitizer.

Terkait fasilitas, Maulana meminta kepada setiap Rumah Sakit dan Puskesmas untuk menyiapkan ruangan khusus ICU yang saat ini jumlah ruangan yang kurang mencukupi bagi masyarakat yang terjangkit Virus corona.

“Karena berdasarkan data WHO yang wajib di rawat di ruang ICU sekitar 5.000. Dari 5.000 yang masuk ICU mengenai corona, 3.000-nya meninggal dan 2000 hidup,” sebut Maulana.

Sementara itu, Satpol PP diintruksikan untuk memantau dan melakukan pembinaan Mall, tempat hiburan, tempat karaoke untuk menyiapkan hand sanitizer.

“Apabila tidak mematuhi juga akan ada waktu-waktunya kita akan ambil tindakan sesuai dengan intruksi Walikota sampai pada penutupan fasilitas umum itu apabila tidak mampu menyiapkan fasilitas seperti yang disampaikan,” tegas.

Dinas kominfo Kota Jambi diminta untuk menyiapkan petugas call center 24 jam, untuk masyarakat yang akan menanyakan tentang Gejala Corona yang akan di siapkan oleh penanggulangan bencana, Damkar Kota Jambi.

Diknas akan menunggu hasil rapat terlebih dahulu untuk meliburkan siswa sesuai keputusan kementrian pendidikan. Setiap sekolah sudah menyiapkan hand sanitizer dan pengukur suhu tubuh dan tidak ada lagi salam-salaman bersentuhan.

Menurut Maulana, apabila ini terjadi di Kota Jambi, Pemkot Jambi akan perintahkan Hotel untuk menjadi rumah sakit sementara.

“Ini merupakan step terakhir apabila Kota Jambi sudah banyak yang terjangkit virus berbahaya tersebut,”ujarnya.

Maulana mengatakan bahwa Dinas kesehatan Kota Jambi tidak perlu menunggu intruksi dari Provinsi, untuk melakukan penaggulangan Corona.

“Kita harus bergerak cepat untuk melindungi masyarakat Kota Jambi,” ujarnya.

Maulana juga meminta agar seluruh kegiatan masal yang mengumpulkan orang banyak untuk ditiadakan terlebih dahulu, di tunda sampai waktu yang belum ditentukan sampai kondisi corona aman.

“Seperti kagiatan keagamaan, olahraga, apel pagi, Musrembang, Paripurna, kalau emergancy boleh dilakukan tetapi dengan syarat tidak bersentuhan tangan atau yang lainnya,” himbau Maulana.

Seluruh rumah sakit pemerintah, TNI dan Polri, pengelola tempat hiburan dan pihak-pihak yang di anggap perlu, dirncanakan akan mengadakan rapat pada hari Senin untuk membahas lebih lanjut tentang penanggulangan wabah Corona. (Shelvy)

DRadio 104,3 FM Jambi