Beranda Akses Cemas, Puluhan Nakes di Kota Jambi Tunda Divaksin Covid-19

Cemas, Puluhan Nakes di Kota Jambi Tunda Divaksin Covid-19

KOTAJAMBI, AksesNews – Akibat dilanda kecemasan, sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Pall X, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, batal vaksinasi Covid-19 di hari pertama pada tanggal 14 Januari 2021.

Kepala Puskesmas Pall X, dr. Sri Rosyanti mengatakan, ada 50 tenaga kesehatan yang divaksinasi di puskesmas tersebut. Sebanyak 30 tenaga kesehatan di antaranya, dijadwalkan menerima vaksinasi di hari pertama.

Namun, karena sejumlah kendala, seperti masalah pada verifikasi data dan kondisi tekanan darah, hanya 5 tenaga kesehatan yang berhasil divaksinasi.

“Jadi saat Nakes diperiksa, kebanyakan dari mereka tidak bisa melanjutkan untuk disuntik karena tensinya tinggi. Mungkin di hari yang lain,” ujarnya, Jumat (15/01/2021).

Meskipun sempat diberikan waktu istirahat sampai pemeriksaan kembali, tensi darah mereka masih tidak stabil. Tidak heran, sejumlah tenaga kesehatan di puskesmas tersebut batal divaksinasi Covid-19 di hari pertama.

Ada kemungkinan kenaikan tensi itu, karena tenaga kesehatan dilanda kecemasan. Seperti yang dialami Erika, seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Pall X, Kota Jambi.

Sementara itu, Erika mengatakan saat akan divaksin dirinya mengalami kecemasan, yang mengakibatkan tekanan darah naik sampai ke angka 170.

“Karena ini vaksinasi pertama, jadi agak cemas juga. Tensi saya saat itu 170. Biasanya normal 110 sampai 120,” katanya.

Ia pun menjelaskan vaksinasi bisa dilakukan apabila tekanan darah dalam keadaan normal.

Kabar baiknya, kata dr. Sri Rosyanti, tenaga kesehatan yang batal vaksinasi di hari pertama, kemungkinan divaksin pada hari sabtu.

“Jadi harus diturunkan dulu. Mungkin pada hari yang lain, seperti, hari sabtu, mereka bisa disuntik vaksin,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi