Beranda Akses Sumur Minyak Pertamina Meledak Saat Proses Pembersihan Pipa

Sumur Minyak Pertamina Meledak Saat Proses Pembersihan Pipa

JAMBI, AksesNews – Sumur minyak milik Pertamina EP Asset 1 Jambi Field, yang berlokasi di Desa Lopak Alai, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, meledak dan terbakar pada pukul 17.30 WIB, Rabu (14/10/2020) sore.

Terjadinya ledakan pada sumur minyak tersebut, pada saat crew PDSI sedang melakukan pembersihan pipa sumur minyak (area scraf service). Namun tiba-tiba dari arah dalam sumur terdengar suara mendesis, yang seketika api keluar.

Akibatnya, api menjalar dan membakar menara RIG dan terjadi ledakan sebanyak empat kali. Satu orang kru di lokasi mengalami luka bakar sedang dan tim medis yang berada di lokasi langsung melakukan penanganan. Api baru bisa dipadamkan pada pukul 19.25 WIB.

Pertamina Investigasi Ledakan Sumur Minyak di Muaro Jambi

Kapolsek Kumpeh Ulu, AKP Rafisal mengatakan, kebakaran sumur minyak itu terjadi pada pukul 17.30 WIB, dimana terdengar empat kali ledakan dari dalam sumur yang sedang dilakukan pembersihan atau service oleh pihak Pertamina EP Asset 1 Jambi Field.

“Menurut keterangan saksi mata yang berada di lokasi, terdengar ledakan dahsyat pertama. Kemudian disusul lagi tiga kali ledakan, sehingga api terus membesar,” kata Kapolsek setempat.

Saat ini, pihak Kepolisian masih berkoordinasi dengan Pertamina untuk melakukan pemadaman dan penanganan lebih lanjut di lokasi kejadian yang berada tepat di RT. 05, Desa Lopak Alai, yang berjarak sekitar 20 Km dari pusat Kota Jambi. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi