OJK ‘Launching’ SICANTIKS; Sahabat Ibu Cakap Literasi Keuangan Syariah

BANDUNG, AksesNews – Otoritas Jasa Keuangan me-launching program SICANTIKS; Sahabat Ibu Cakap Literasi Keuangan Syariah untuk terus memperkuat literasi keuangan syariah melalui peranan para Ibu di komunitasnya.

Peluncuran program SICANTIKS dilakukan di Bandung, Kamis dihadiri Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Jawa Barat Gandjar Yudniarsa, Ketua 1 Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah Jawa Barat Neneng Amiarti, Co – founder Sakinah Finance Muniarti Mukhlisin, dan ratusan Ibu – Ibu pimpinan, pengurus, penceramah (mubalighah dan ustadzah) serta perwakilan anggota aktif kelompok Majelis Taklim se Bandung Raya.

Program SICANTIKS diinisiasi OJK mengingat indeks literasi dan inklusi keuangan syariah yang nilainya masih rendah. Pada 2022 tingkat literasi keuangan syariah sebesar 9,14 persen (sebelumnya 2019 sebesar 8,93 persen). Adapun tingkat inklusi keuangan syariah sebesar 12,12 persen di 2022 (indeks inklusi 2019 sebesar 9,10 persen).

Untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah serta dengan mempertimbangkan peran penting yang dimiliki perempuan, OJK merancang serangkaian program dalam mendorong hadirnya Duta Literasi Peempuan Keuangan Syariah, salah satunya dengan memberikan pelatihan literasi secara berkelanjutan kepada Key Opinion Leader (KOL) atau berbasis komunitas.

Program SICANTIKS akan fokus pada para Ibu penceramah/mubalighah, pimpinan dan pengurus Majelis Taklim, pengurus Masjid yang dengan kepemimpinan dan pengaruhnya memberikan pengaruh besar untuk meningkatkan literasi keuangan syariah pada komunitas perempuan/ibu yang tergabung dalam Kelompok Pengajian/Majelis Taklim dan organisasi.

Melalui program SICANTIKS ini, para Ibu sebagai Duta Literasi Keuangan Syariah akan diberikan edukasi mengenai produk-produk keuangan syariah, pembekalan melalui Training of Trainers (ToT) edukasi keuangan syariah serta akan dijaga kolaborasinya melalui grup whatsapp untuk mendapatkan info pengkiniaan isu terbaru terkait keuangan syariah. (Rls/*)