Beranda Akses FDJ Go To Medsos: Tanpa Hari Tanpa ‘Posting’

FDJ Go To Medsos: Tanpa Hari Tanpa ‘Posting’

JAMBI, AksesNews – Penggunaan akan media sosial atau yang sering di singkat dengan medsos, sudah menjadi kebutuhan setiap insan. Kebutuhan ini, dalam rangka memperoleh informasi yang berseliuran di platform media sosial, sehingga dengan mudahnya setiap orang mengakses media sosial dengan cepat bahkan dalam hitungan detik, informasi dapat disebarluaskan.
Bahkan banyak pihak yang menilai bahwa media sosial bagaikan pisau bermata dua.

Ini berarti bahwa tergantung dengan si penguna pisau, apabila pisau digunakan dengan cara yang baik, maka ia akan bermanfaat bagi orang lain. Namun sebaliknya, apabila salah digunakan akan merugikan orang lain bahkan si pengguna pisaupun bisa menjadi sasaran dari pisau tersebut.

Menyikapi perkembangan zaman dan semakin meningkatnya penggunaan media sosial, Forum Diskusi Jambi (FDJ) mengambil peran ingin ikut serta dalam membagikan informasi-informasi yang berguna, yang disebarluaskan melalui akun resmi Forum Diskusi Jambi (FDJ).

Peranan yang diambil ini adalah salah satu kontribusi yang dapat disalurkan melalui platform media sosial yang ada, bagi kepentingan bangsa dan negara.
Tentu ini menjadi bagian yang FDJ harus lakukan, di tengah kondisi pandemi dan begitu banyaknya informasi-informasi yang bisa menyesatkan, dengan mudahnya orang untuk menangkap informasi-informasi mirip atau berita bohong yang berkentayangan di dunia maya.

Hal ini tentu disikapi dengan bijak dan cerdas, agar informasi-informasi atau berita-berita yang berbentuk ‘hantu’ dan hoax tersebut bisa diminimalisir penyalahgunaannya. Sehingga, diharapkan dengan adanya keberadaan Forum Diskusi Jambi di dunia maya, bisa ikut serta membantu dan berkontribusi di dunia digitalisasi, seraya mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih.

Bahkan Forum Diskusi Jambi juga memiliki komitmen untuk bersama-sama memerangi dan melawan berita dan informasi yang menyesatkan, bohong dan memprovokasi atau yang sering kita kenal dengan hoax.

Memerangi dan melawan hoax, bukan persoalan mudah, dibutuhkan kerja sama antar semua komponen bangsa, dengan cara salah satunya bijak dan cerdas dalam menggunakan media sosial, serta tidak mudah meng-sharing berita atau informasi apapun di media sosial. Peredaran hoax menjadi tugas semua orang, karena saat ini apapun bisa dibuat dan didesain, sehingga terkesan seolah-olah nyata, padahal berita dan informasi itu bohong tidak benar.

Untuk itulah, Forum Diskusi Jambi hadir di media sosial atau yang kami sebut FDJ Go To Medsos: Tanpa Hari Tanpa Posting, salah satunya adalah untuk memerangi dan melawan beria hoax. Walaupun upaya yang dilakukan masih baru dan kecil, minimal Forum Diskusi Jambi sudah berbuat sekecil apapun, dan bisa menjadi jejak digital karena semua orang bisa mengaksesnya.

Semoga ini bisa bermanfaat bagi Forum Diskusi Jambi dan masyarakat secara luas. Mungkin selama ini, Forum Diskusi Jambi cukup di kenal sering mengadakan kegiatan wawasan kebangsaan dan kegiatan deradikalisasi, yang sudah dilakukan hingga ke pelosok-pelosok perdesaan dari negeri telun berasap hingga negeri ujung jabung, dengan mengundang tokoh-tokoh masyarakat, agama, adat, pemuda hingga guru besar perguruan tinggi yang ada di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Kegiatan ini sudah dilakukan bertahun-tahun sejak berdirinya organisasi ini hingga akhir tahun 2018, dan pada akhirnya sejak April 2020 tahun sampai saat ini, Forum Diskusi Jambi bersama-sama DPD KNPI Provinsi Jambi serta organisasi lainnya mulai aktif menggagas kegiatan webinar, membahas isu-isu terkini, mulai dari pandemi Covid-19 hingga permasalahan Pilkada 2020 yang dilakukan secara daring, dengan mengundang para pembicara yang berkompeten, termasuk menghadirkan Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) yang terkenal dengan nama Mas Wawan Purwanto, serta banyak lagi pembicara nasional yang undang dalam kegiatan daring.

Selain itu, organisasi yang dibentuk sejak September 2009 ini juga sering mengirimkan rilis-rilis berita menyampaikan pendapat dan pernyataan dalam rangka wujud kepedulian terhadap kondisi bangsa saat ini, seperti permasalahan stunting, penanganan Covid-19 dan program vaksinasi Covid-19.

Ini dilakukan sebagai upaya kecil yang bisa lakukan kepada bangsa dan negara, karena semangat inilah yang diajarkan oleh guru-guru di Forum Diskusi Jambi. Itulah seklias perjalanan Forum Diskusi Jambi (FDJ) hingga saat ini. Dan bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1443 Hijriah atau 10 Agustus 2021.

Forum Diskusi Jambi secara resmi aktif di media sosial melalui akun resminya, bahkan menargetkan semua platform media sosial mendapatkan tanda conteng sebagai bentuk resminya akun media sosial. Untuk menuju kesana tentu melalui proses yang harus diikuti dan dipatuhi.

Maka sejak itulah, Forum Diskusi Jambi membuat mulai secara daring hadir di platform media sosial melalui akun resmi FDJ, dengan program yang disebut Tanpa Hari Tanpa Posting, Satu Hari Satu Posting. Jadi silahkan dikunjungi akun resmi di Facebook Fanpage, Instagram dan Youtube Forum Diskusi Jambi, jangan lupa di like, follow dan subscribe media sosial FDJ.

Melalui tulisan ini, mewakili keluarga besar Forum Diskusi Jambi ingin mengucapkan Terima Kasih kepada seluruh pihak-pihak yang sudah berkontribusi, telah membantu dan ikut serta membesarkan organisasi ini sampai detik ini. Dedikasi dan pengabdian yang sudah diberikan tak akan berhenti, FDJ akan selalu ikut serta dalam membangun dan mempertahankan bangsa dan negara sampai ke depan, dan apa yang dilakukan ini bisa berguna dan bermanfaat. Aamiin.

Penulis: Deddy Himawan (Anggota Forum Diskusi Jambi)

DRadio 104,3 FM Jambi