Beranda Akses Gelar Bimtek 2019, Dinsosdukcapil Klaim Agenda Karang Taruna Provinsi Jambi

Gelar Bimtek 2019, Dinsosdukcapil Klaim Agenda Karang Taruna Provinsi Jambi

JAMBI, AksesNews – Dinas Sosial Kependudukan Catatan Sipil (Sosdukcapil) Provinsi Jambi menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Karang Taruna Tahun 2019, yang dilaksanakan selama 2 hari tanggal 14-15 Agustus 2019 disalah satu Hotel di Kota Jambi.

Kegiatan tersebut mengundang 50 peserta dari Pengurus Karang Taruna kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosdukcapil Provinsi Jambi, Arief Munandar, Rabu (14/08/2019) hari ini.

Namun, pada kenyataannya Pengurus Karang Taruna Provinsi Jambi menolak kegiatan tersebut. Pasalnya, Bimtek yang digelar oleh Dinas Sosdukcapil Provinsi Jambi hanya mengklaim atau sepihak tanpa adanya koordinasi berjenjang, dari mulai pengurus provinsi hingga kabupaten/kota.

“Tidak hanya pengurus provinsi, pengurus di Kabupaten Kerinci, Muaro Jambi dan Kota Jambi juga tidak tahu-menahu adanya Bimtek ini. Artinya, kegiatan ini tidak mengakomodir seluruh kader, maka dari itu kami menolak,” kata Ketua Karang Taruna Provinsi Jambi Navid SH, saat dikonfirmasi AksesJambi.com, Rabu (14/08/2019) malam.

Menurutnya, penolakan ini sudah disampaikan kepada seluruh pejabat Dinsosdukcapil Provinsi Jambi mulai dari Kepala Dinas, Kepala Bidang hingga pejabat pelaksana kegiatan, di Lobi Hotel tempat berlangsungnya Bimtek tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Provinsi Jambi, Raden Helpis juga menyayangkan sikap tak konsistennya Kepala Dinsosdukcapil Arief Munandar dalam membangun kerjasama kemitraan dengan Karang Taruna Provinsi Jambi.

“Pada Bimtek 2018 lalu, Beliau (Arief Munandar) kan masih Kadis. Dia bisa membangun pola kerja kemitraan dengan bekerjasama pengurus Karang Taruna. Kok sekarang malah terjadi seperti ini, kenapa satu kegiatan konsepnya berbeda?,” katanya heran.

Selain itu, Helpis menyebut pola kerja yang ditunjukkan Dinsosdukcapil saat ini merupakan pola kerja “Orde Baru”, yang telah lama ditinggalkan dalam kaitan kemitraan kerja dengan Pengurus Karang Taruna.

“Mulai Kepala Dinas Sosial dijabat Hasan Kasim, Rafli Nur, Aris AB hingga M Dianto pola kerja seperti ini sudah ditinggalkan. Kok era Arif Munandar muncul lagi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Agenda Bimtek Karang Taruna 2019 yang dilaksanakan oleh Dinas Sosdukcapil Provinsi Jambi akan berakhir, Kamis (15/08/2019) besok. Sampai berita ini ditayangkan, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait atas klaim yang dilayangkan oleh Pengurus Karang Taruna Provinsi Jambi. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi