Beranda Akses Akses Informasi Semakin Mudah, Pemprov Jambi Harapkan Pelayanan Publik Semakin Baik

Akses Informasi Semakin Mudah, Pemprov Jambi Harapkan Pelayanan Publik Semakin Baik

JAMBI, AksesJambi.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs. H. M. Dianto, M.Si diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Ir. H. Tagor Mulia Nasution, MM mengatakan bahwa di era keterbukaan informasi seluruh masyarakat dengan mudah dapat mengakses informasi seluas-luasnya.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka acara Rapat Koordinasi Daerah Pejabat Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada Selasa (14/08/2018) bertempat di Grand Hotel Jambi.

Lebih lanjut, Tagor mengatakan bahwa dengan adanya akses yang luas bagi masyarakat tentu saja menjadi pemacu semangat bagi pemerintah daerah (Provinsi Jambi, red) untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik.

Tagor juga menyebutkan bahwa sejalan dengan telah dibentuknya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), pemerintah diharapkan dapat memberikan seluruh akses informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, kecuali informasi yang dikecualikan sebagaimana yang tersirat di dalam UU KIP.

Dalam kesempatan itu, Tagor sangat mengapresiasi pelaksanaan rapat koordinasi yang digagas oleh Dinas Kominfo Provinsi Jambi tersebut, karena merupakan salah satu upaya bagi masyarakat dalam mengawasi transparansi kinerja pemerintah Provinsi Jambi.

“Tidak seluruh masyarakat tahu bahwa ada informasi yang boleh dibuka dan ada yang dikecualikan, tentu saja ini tugas dari pemerintah memberikan pemahaman seperti ini, jangan sampai nantinya masyarakat menjadi tidak cerdas dan mudah mempercayai suatu informasi dengan mudah padahal informasi yang diperoleh belum tahu kualitasnya valid atau hoax,” tambahnya.

Untuk itu, perlu juga dibuat sosialisasi seperti ini dengan mengundang masyarakat sebagai pesertanya, agar pemahaman terhadap informasi merata, dengan begitu diharapkan pelayanan publik semakin baik. Rapat Koordinasi tersebut, Dinas Kominfo Provinsi Jambi mengundang para peserta yang terdiri dari Dinas Kominfo Kab/Kota se-Provinsi Jambi.

Di sisi lain, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi, Ir. Nurachmat Herlambang, MMA mengatakan bahwa tujuan acara tersebut adalah menyamakan persepsi diantara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentang PPID yang melekat pada masing-masing instansi.

“Kita tentu mengetahui bahwa PPID ini melekat pada masing-masing OPD, khususnya melekat pada Sekretaris di masing-masing instansinya. Namun, seringnya pergantian pejabat, khususnya pada jabatan Sekretaris, membuat mereka tidak menyadari bahwa tugas tersebut sebenarnya telah melekat pada tugas, pokok dan fungsinya masing-masing,” tegas Herlambang.

Sementara itu, Dr. Handayani Ningrum, SE, M.Si, Kabid Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Pusat Penerangan Kemendagri RI, yang diundang sebagai narasumber, menyebutkan bahwa tujuan Kemendagri disini adalah dalam rangka mendukung agar keterbukaan informasi yang ada di Provinsi Jambi dapat berjalan lebih baik lagi ke depan.

“Tidak ada lagi yang namanya ego sektoral, semuanya harus kerja bersama, ini bukan tugas dari satu instansi tetapi tugas bersama, hanya saja PPID Utama memang berada pada Dinas Kominfo, tetapi bukan berarti instansi lain tidak penting, karena informasi ini kan ada yang bersifat teknis, dan itu tentu saja instansi yang bersangkutan yang mengetahui teknisnya apakah informasi tersebut boleh dibuka atau dikecualikan,” pungkasnya. (Syahrul)

DRadio 104,3 FM Jambi