Beranda Akses Penutupan TMMD ke-111, Abdullah Sani: Wujud Sinergitas Pemerintah-TNI

Penutupan TMMD ke-111, Abdullah Sani: Wujud Sinergitas Pemerintah-TNI

JAMBI, AksesNews – Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani menjadi Inspektur Upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun 2021, di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin, Rabu (14/07/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Abdullah Sani mengemukakan, TMMD merupakan wujud sinergitas Pemerintah Daerah dengan TNI. Adapun Tema TMMD Ke111 tahun 2021 “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” .

Kedatangan Wakil Gubernur dan rombongan disambut oleh Plt. Bupati Merangin Mashuri, berserta unsur Forkompimda Kabupaten Merangin, para OPD Kabupaten Merangin.

Turut mendampingi Wagub dalam penutupan TMMD ke-111 tahun 2021 Asisten II Sekda Provinsi Jambi Agus Sunaryo, Staf Ahli Gubernur Bastari, Kepala Dinas Sosial Dukcapil Provinsi Jambi Arif Munandar, Kepala Dinas Kehutanan Ahmad Bastari, Kepala Badan Kesbangpol yang diwakili Kabid FPK Atma Jaya

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Abdullah Sani menjelaskan bahwa dalam pembangunan, baik pembangunan daerah maupun pembangunan nasional, peran dan kontribusi para pemangku kepentingan sangat dibutuhkan.

“Pembangunan tidak hanya dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, tetapi juga oleh semua pihak terkait. Dan TNI juga memiliki kontribusi besar dalam pembangunan, di antaranya melalui Program TMMD yang sangat bermanfaat untuk percepatan dan upaya pemerataan pembangunan, terutama di desa terpencil,” jelasnya.

Dikatakan Abdullah Sani, TMMD juga merupakan wujud sinergitas Pemerintah Daerah dengan TNI, karena sinergi, kesatupaduan sangat dibutuhkan. Untuk percepatan akselerasi, kerja sama yang baik dan sinergitas ini harus dirawat, dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

“TNI sebagai bagian dari elemen bangsa yang mempunyai fungsi khusus sebagai alat pertahanan dalam Undang-Undang No. 34 Tahun 2005 tentang TNI, menyebutkan dua pola operasi pokok TNI, yakni operasi perang dan operasi selain perang yang terbagi dalam beberapa bentuk kegiatan. Dalam Undang-Undang tersebut, kemudian dapat dikatakan TMMD adalah bagian dari fungsi TNI dalam tugas operasi selain perang,” ucapnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sangat mengapresiasi dilaksanakannya TMMD di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat, Provinsi Jambi ini.

“Saya berharap setelah dilaksakannya TMMD ini, bisa mempercepat pembangunan di desa, yang selanjutnya akan kontributif terhadap pembangunan dan kemajuan Provinsi Jambi,” harapnya.

Sebelumnya, Danrem 042/Gapu Bringjen TNI M. Zulkifli , SIP, MM membacakan sambutan tertulis Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayor Jendral TNI Agus Suhardi yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 16 juni 2021.

Para prajurit TNI anggota Kepolisian, apparat pemda serta komponen masyarakat telah berkerja keras bergotong royong dengan semangat bersama dengan menyelesaikan sasaran pembangunan TMMD ke-111 baik fisik maupun non fisik.

“Kegiatan TMMD ini dilaksanakan dilima wilayah yaitu Sumbagsel,, Kabupaten Bengkulu tengah, Lampung utara, Way Kanan, Jambi Merangin dan Musi Bayuasin, dapat diselesaikan dengan baik, keberhasilan ini idak terlepas dari bantuan kita semua, partisipasi segenap komponen masyarakat,” pungkasnya. (Kmf/*)

DRadio 104,3 FM Jambi