Beranda Akses LPKNI Kecam Bank BTN yang Semena-mena Sita Rumah Agunan Milik Konsumen

LPKNI Kecam Bank BTN yang Semena-mena Sita Rumah Agunan Milik Konsumen

JAMBI, AksesNews – Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Indonesia (LPKNI), mengecam Bank BTN yang semena-mena mengeksekusi dan mencoret-coret dinding rumah milik debitur yang belakangan ini terkendala membayar angsuran.

“Saya mengecam keras atas tindakan Bank BTN yang telah mencoret-coret merusak bangunan rumah orang. Seharusnya ada jalan-jalan mediasi bagaimana bagusnya untuk menyelesaikan suatu masalah. Bukan dengan cara mengintimidasi seperti ini,” ucap ketua LPKNI, Kurniadi Hidayat, dihadapan awak media ini, Jumat (14/06/2024).

Menurutnya, bila terjadi keterlambatan pembayaran angsuran, tidak semestinya pihak Bank berlaku semena-mena.

Padahal, ada cara lain yang dapat diupayakan seperti restrukturisasi kredit. Langkah ini dilakukan manakala debitur mengalami kesulitan membayar angsuran.

Terkait eksekusi yang dilakukan Bank BTN, Kurniadi Hidayat mengingatkan bahwa prosedur eksekusi bangunan harus melalui putusan pengadilan. Bukan kesewenangan pihak Bank untuk meminta pemilik rumah pergi begitu saja.

“Tidak semudah itu untuk melelang, ya walaupun sudah ada pembelinya. Ingat untuk eksekusi harus melalui pengadilan. Tidak bisa anda (Bank BTN) mengeluarkan konsumen untuk keluar dari rumah ini,” timpalnya. (Sam)