Beranda Advertorial Sekda: Kampung KB Merupakan Agenda Prioritas Nawacita

Sekda: Kampung KB Merupakan Agenda Prioritas Nawacita

JAMBI, AksesNews – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M.Dianto, mengemukakan bahwa kolaborasi (kerja sama) dari semua pihak terkait merupakan kunci keberhasilan dalam pelaksanaan Kampung KB.

Hal itu disampaikannya saat membuka Pertemuan Kelompok Kerja dan Advokasi Tingkat Provinsi Jambi dalam rangka Rapat Koordinasi Pokja Kampung KB dan Pelatihan Enumerator Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program (SKAP) Tingkat Provinsi Jambi tahun 2019, Selasa (14/05/2019).

Hadir pada rakor ini Direktur Advokasi dan Komunikasi BKKBN Pusat Sugiyono, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Muktar Bakti SH MH, Direktur Eksekutif Yayasan Cipta.

Sekda mengatakan, Kampung KB adalah program bidang kependudukan yang sejalan dengan agenda prioritas pembangunan pemerintah (Nawacita) butir 3, 5, dan 8. Nawacita ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

“Kampung KB merupakan tempat terintegrasinya program pembangunan dari seluruh lintas sektor, hingga peningkatan sosial ekonomi masyarakat. Maka pada pelaksanaan Kampung KB, lintas sektor dilibatkan secara aktif,” kata Sekda.

Sekda menjelaskan, ada 5 faktor utama keberhasilan Kampung KB, yakni komitmen kuat dari pemangku kebijakan di semua tingkatan, integrasi lintas sektor, optimalisasi fasilitas dan dukungan mitra kerja, semangat dan dedikasi pengelola kampung KB, termasuk petugas lini lapangan KB dan partisipasi masyarakat.

“Kolaborasi adalah kunci keberhasilan, ungkapan ini bisa digunakan untuk menggambarkan pentingnya keterlibatan semua pihak, terutama lintas sektor dalam implementasi kampung KB, bukan hanya peningkatan capaian KB saja yang akan dilihat, melainkan juga capaian bidang lainnya seperti kesehatan, sosial ekonomi, pendidikan,” jelasnya.

Maka dari itu, dalam menjalankan program Kampung KB semua pihak perlu dilibatkan baik pemerintahan pusat, pemerintah daerah, lembaga non pemerintah, dan swasta. Semua punya peran penting yang saling berkaitan satu sama lain. Mulai membuat peraturan pendukung, membantu memfasilitasi, hingga mendampingi masyarakat dalam menjalankan program di lapangan. (Hms)