Beranda Akses Fokus Filantropi, Bill Gates Undur Diri dari Dewan Direksi Microsoft

Fokus Filantropi, Bill Gates Undur Diri dari Dewan Direksi Microsoft

AksesNews – Siapa sangka, Bill Gates pria yang kini berusia 64 tahun ini yang merupakan pendiri perusahaan Microsoft membuat keputusan di luar dugaan. Dirinya memutuskan untuk mundur dari dewan direksi Microsoft, efektif mulai Jumat (13/03/2020).

Tidak hanya di Microsoft, Gates juga resmi mengundurkan diri sebagai Dewan Direksi Berkshire Hathaway yang merupakan perusahaan Multinasional yang didirikan oleh sahabatnya, Warren Buffett.

Keputusan yang di ambil Gates ini di sampaikan dalam pengumumannya karena ia ingin fokus untuk kegiatan filantropi.

“Saya telah membuat keputusan untuk mundur dari posisi saya di dewan direksi kedua tempat ‘Microsoft dan Berkshire Hathaway’ untuk mendedikasikan lebih banyak waktu prioritas di filantropi, termasuk kesehatan dan pembangunan global, pendidikan, dan peningkatan keterlibatan saya dalam mengatasi perubahan iklim,” Kata Gates, di akun LinkedIn resminya.

Gates memang tidak bisa lepas dari Microsoft. Meski sudah meninggalkan jabatan sepenuhnya di perusahaan tersebut, ia akan menjadi penasehat CEO Microsoft saat ini, Satya Nadella.

“Microsoft akan selalu menjadi bagian penting dari pekerjaan hidup saya dan saya akan terus terlibat dengan Satya dan kepemimpinan teknis untuk membantu membentuk visi dan mencapai tujuan ambisius perusahaan,” tambahnya.

Nadella sangat menghormati keputusan Gates. Ia berharap Gates bisa terus bekerja bersama dan memberikan saran untuk membuat produk dan layanan Microsoft yang lebih baik ke depannya.

“Merupakan kehormatan dan hak istimewa yang luar biasa untuk bekerja sama dan belajar dari Bill selama bertahun-tahun. Bill mendirikan perusahaan kami dengan keyakinan pada kekuatan demokratisasi perangkat lunak dan keinginan untuk memecahkan tantangan masyarakat yang paling mendesak,” ungkap Nadella.

Untuk diketahui, Bill Gates mendirikan Microsoft pada tahun 1975 bersama Paul Allen, yang telah berpulang pada tahun 2018. Gates menjabat posisi CEO hingga tahun 2000, di mana posisinya saat itu digantikan Steve Ballmer.

CEO Microsoft yang sekarang, Satya Nadella, mulai menjabat posisi tertinggi perusahaan saat menggantikan Ballmer pada 2014. Gates sendiri mulai berfokus pada yayasan filantropinya, Bill & Melinda Gates Foundation pada 2008.

Gates adalah salah satu pemegang saham utama Microsoft. Dia memiliki 1,36 persen saham Microsoft, menurut FactSet.

Perusahaan ini telah go public pada tahun 1986 dan sekarang menjadi salah satu perusahaan paling bernilai di dunia dengan kapitalisasi pasar 1,21 triliun dolar AS.
SUMBER: kumparan.com

DRadio 104,3 FM Jambi