Paparkan Capaian Kinerja 2023, Kantor Bahasa Provinsi Jambi Gelar Taklimat Media

JAMBI, AksesNews – Kantor Bahasa Provinsi Jambi melaksanakan Taklimat Media dan Peluncuran Produk Tahun 2023 di Swiss-Belhotel, Rabu (13/12/2023). Dalam taklimat ini disampaikan tentang program, target, inovasi, dan capaian kinerja Kantor Bahasa Provinsi Jambi sepanjang 2023. 

Kegiatan ini dihadiri oleh pemangku kepentingan di bidang pemerintahan dan pendidikan, komunitas literasi, serta awak media. Turut hadir Sekda Provinsi Jambi yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Provinsi Jambi yang memberikan materi terkait peran pemerintah daerah sebagai mitra kerja Kantor Bahasa Provinsi Jambi.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Dr. Adi Budiwiyanto, M.Hum., dalam paparannya menyampaikan bahwa pada 2023 Kantor Bahasa Provinsi Jambi telah berhasil merealisasikan target kinerja yang ditetapkan dalam Perjanjian Kinerja (PK) sehingga meningkatkan nilai sistem akuntabilitas kinerja Kantor Bahasa Provinsi Jambi, yakni 86,85. 

Pencapaian target ini diperoleh melalui kegiatan yang diampu oleh setiap Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP). KKLP Literasi yang mengampu kegiatan literasi telah melakukan pendampingan bagi 20 komunitas literasi di Provinsi Jambi. Salah satu pendampingan itu dilakukan melalui kegiatan Kemah Literasi yang diikuti oleh pegiat literasi di Provinsi Jambi. 

Pada program kemahiran berbahasa, KKLP Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) mencatat bahwa sebanyak 2.608 orang telah mengikuti UKBI, sedangkan KKLP Pembinaan Bahasa dan Hukum telah membina 287 orang melalui program peningkatan kemahiran berbahasa. KKLP Bahasa dan Hukum juga memfasilitasi 47 lembaga dalam pengutamaan bahasa negara. 

Di bidang revitalisasi sastra, KKLP Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra berhasil merevitalisasi sastra lisan Mujuk Sialang di Desa Rambutan Masam, Kabupaten Batanghari, dengan melibatkan 1.033 partisipan. 

Sementara itu, pada program internasionalisasi bahasa Indonesia, KKLP Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) telah memfasilitasi 10 lembaga penyelenggara BIPA dan membentuk Forum Pemelajar BIPA.

Kantor Bahasa Provinsi Jambi juga menghasilkan berbagai produk dan inovasi yang diluncurkan pada kegiatan tersebut. KKLP Penerjemah menghasilkan 18 produk cerita anak berbahasa daerah dan Indonesia, sedangkan KKLP Perkamusan dan Peristilahan menghasilkan 2 produk kamus, yakni Kamus Kerinci Dialek Siulak-Indonesia dan Kamus Bergambar Kerinci Dialek Siulak-Indonesia. 

Sementara itu, inovasi yang dihasilkan Kantor Bahasa Provinsi Jambi adalah unit layanan terpadu, layanan daring, program “KBPJ Menyapo”, program siniar Sanak, dan peta literasi.

Acara taklimat media juga menjadi wadah bagi Kantor Bahasa Provinsi Jambi untuk mengapresiasi instansi, lembaga, atau komunitas yang melakukan pengimbasan program serta pemanfaatan layanan mereka. 

Lembaga yang mendapat penghargaan antara lain, Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi, Komunitas Bako Lantang Rambutan Masam Kabupaten Batanghari, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Jambi, serta Polres Muaro Jambi. (Bjs/Rls/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here