Beranda Daerah Usai Salat Dzuhur, Syafril Nursal Ziarah ke Makam Raden Marjoyo Pamuk 

Usai Salat Dzuhur, Syafril Nursal Ziarah ke Makam Raden Marjoyo Pamuk 

MUAROJAMBI, AksesNews – Calon wakil gubernur Jambi nomor urut 2, Syafril Nursal bukan sekedar sosok yang sangat menghormati ulama. Syafril juga orang yang sangat hormat dengan tokoh adat dan sepuh di seluruh Provinsi Jambi.

Hal itu terlihat disela-sela agenda safari politiknya dengan masyarakat Kelurahan Pijoan, Jambi Luar Kota (Jaluko), Muaro Jambi, Selasa 13 Oktober 2020. Syafril Nursal menyempatkan diri meninjau pembangunan Musolah Darunnaim.

Ketika adzan berkumandang, jendral bintang dua ini mengajak warga dan tim untuk salat dzuhur berjamaah. “Hidup itu harus seimbang, dunia dan akhirat,” kata Syafril Nursal seusai berwudhu bersama sejumlah warga. 

Usai menunaikan ibadah salat dzuhur secara berjamaah di Musolah Darunnaim Pijoan, Syafril langsung ziarah ke makam salah satu tokoh adat Provinsi Jambi Raden H. Marjoyo Pamuk, yang jaraknya makamnya tak terlalu jauh dari Musolah. 

“Beliau adalah tokoh Jambi dimakamkan disini. Seperti kita ketahui beliau ini adalah tokoh adat Jambi dan pernah menjadi anggota MPR,” kata Syafril usai ziarah.

Syafril mengatakan, bahwa Raden Marjoyo Pamuk merupakan salah satu tokoh adat yang punya peran besar dalam membangun Jambi dimasanya. Selain membangun Jambi sebagai negeri yang beradat dan bertatakrama, Syafril memandang Raden Joyo Pamuk merupakan orang yang sangat getol meperjuangkan pembangunan Jambi saat menjadi anggota MPR RI.

“Tentu kita menghargai para tokoh, para senior-senior kita yang telah berjuang untuk negeri ini. Kehadiran kita untuk ziarah kesini tentu untuk menghargai para pendahulu-pendahulu kita. InsyaAllah mudah-mudahan kita juga bisa berbuat mengikuti jejak-jejak beliau ini untuk membangun negeri Jambi yang kita cintai ini. Kita ziarah ini adalah bentuk kita tawadduk, menghormati dan menghargai para tokoh kita,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Muaro Jambi Mukti mengatakan bahwa Raden Joyo Pamuk merupakan salah satu pendiri Provinsi Jambi. Semasa hidup, almarhum dikenal sebagai sosok yang bersahaja, bersahabat dan selalu mengingatkan anak muda untuk kebaikan.

“Secara ekonomi memang beliau mampu. Semasa hidup banyak tanah itulah yang beliau jadikan untuk membantu masyarakat,” ujar Mukti.

Seperti diketahui, sebelumnya Syafril Nursal ziarah ke makam salah satu ulama tersohor di Tanjung Jabung (Tanjab) Timur, Syekh Muhammad Arifin Bin Syekh Muhammad Khumaini Banafi di Desa Teluk Majelis, Tanjab Timur, Selasa (06/10/2020) lalu. (*)

DRadio 104,3 FM Jambi