Beranda Akses Asap Jambi dan Sumsel ‘Studi Banding’ ke Riau

Asap Jambi dan Sumsel ‘Studi Banding’ ke Riau

FOTO: Instagram @pkuaviation
FOTO: Instagram @pkuaviation

JAMBI, AksesNews – Dampak dari Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Jambi, asapnya terpapar hingga ke Provinsi Riau. Asap dari kedua provinsi tersebut ‘studi banding’ yang membuat asap di Riau bertambah.

“Kita akui Riau saat ini juga terjadi Karhutla. Namun, kondisi asap ini kian parah karena ada kiriman asap dari Jambi,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger, Jumat (13/09/2019).

Menurutnya, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa angin dari arah Jambi dan Sumsel berhembus kencang ke Utara dan berbelok ke Riau. Sehingga asap yang dibawa angin sampai ke Riau, akibatnya asap pun bedtambah di Riau.

“Hari ini, hanya ada sekitar 24 hotspot (titik api) di Riau. Namun, Jambi dan Sumsel ada ratusan. Jambi 190 titik api dan Sumsel 197 titik api. Itu data dari BMKG. Jadi asap di Riau ini kiriman,” ungkapnya.

Selain itu, Edwar Sanger menegaskan bahwa titik api di Provinsi Riau sudah jauh menurun. Namun, titik api justru meningkat signifikan di provinsi tetangganya, terutama Jambi dan Sumsel.

“Saya ingin menegaskan bahwa Satgas tak pernah berhenti bekerja. Kami bersama tim yang lain siang malam bahu-membahu memadamkan titik api. Jadi jangan ada anggapan bahwa Satgas Karhutla di bawah pimpinan Pak Gubernur tak bekerja,” tegasnya.

Artinya, semua pihak tidak berdiam diri dalam melakukan aksi pemadaman. Apalagi, Satgas Karhutla yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api sudah maksimal berjuang memadamkan api agar langit biru kembali.

“Kita sudah menyampaikan ke Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian LHK dan BNPB agar membantu pemadaman titik api di Jambi dan Sumsel. Mari kita sama-sama berdoa, agar bencana kabut asap di negeri ini dapat segera teratasi,” pungkasnya.

SUMBER: riau.go.id