Beranda Akses Tambang Minyak Illegal di Batanghari Meledak

Tambang Minyak Illegal di Batanghari Meledak

BATANGHARI, AksesJambi.com – Telah tejadi kebakaran di kampung penampungan minyak illegal, Desa Pompa Air, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, sekitar pukul 11.20 WIB, Selasa (13/08/2019) siang.

Dari informasi yang dihimpun, kebakaran tersebut diduga akibat korsleting dari percikan api canting yang bergesekan dengan besi galvanis, yang terjadi di wilayah Technical Assistance Contract (TAC) PT Prakarsa Betung Meruo Senami Jambi (PBMSJ).

Beruntung pada insiden tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, kejadian seperti itu membuat resah warga setempat. Pasalnya, jika terjadi kebakaran, akan berdampak juga pada masyarakat setempat akibat polusi udara yang menyebar di sekitar kawasan tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batanghari, Parlaungan Nasution, membenarkan kejadian tersebut, bahwa telah terjadi kebakaran hebat di wilayah Bajubang. Pihaknya langsung meluncur ke lokasi kejadian.

“Iya benar, terjadi kebakaran. Informasi yang kami terima, kebakaran berasal dari aktifitas pengolahan Illegal Driling. Tim saat ini, masih mengecek kelapangan,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Batanghari melalui Kasat Intel Polres Batanghari Iptu Eddy Yanuar, mengatakan kebakaran tersebut berasal dari sumur illegal milik CK (47), yang berada di lahan milik SK (55), warga RT 01, Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari.

“Saat kejadian ada percikan api, pekerja saat itu sedang memompa minyak dengan menggunakan kendaraan bermotor yang telah dimodifikasi, tiba- tiba ada percikan api dan menyambar,” ungkapnya.

Percikan api tersebut menyambar ke dalam bak penampungan minyak, sehingga menyebabkan api membesar dan terdengar bunyi ledakkan. Api dipadamkan oleh warga sekitar dengan menggunakan racun api dan air detergen. (Team AJ)