Beranda Akses 226 Napi di Kuala Tungkal Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan

226 Napi di Kuala Tungkal Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan

TANJABBAR, AksesJambi.com – Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal mengusulkan pemberian remisi kemerdekaan kepada 226 Nara Pidana (Napi), bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Kepala Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal, Imam Siswoyo melalui Haszuwan Affandi selaku Kasi Binadik dan Giatja, saat ditemui AksesJambi.com, Selasa (13/08/2019).

“Sebanyak 226 warga binaan diusulkan untuk memperoleh remisi pada 17 Agustus mendatang,” sebutnya.

Haszuswan mengatakan dari jumlah 226 yang diusulkan untuk mendapatkan remisi yaitu, 115 orang dari pidana umum dan narkotika 188 orang. Sementara untuk remisi umum bebas pada hari 17 Agustus berjumlah 3 orang napi.

“Remisi Umum II Bebas pada hari pemberian remisi ada 3 orang dan yang masih menjalani subsider berjumlah 8 orang,” katanya.

Lebih lanjut, Haszuwan mengatakan persyaratan untuk memperoleh remisi minimal harus menjalani enam bulan kurungan penjara dari putusan dan berkelakukan baik selama menjalani masa tahanan.

“Remisi diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, khususnya mereka yang berkelakuan baik dan aktif mengikuti pembinaan,” jelasnya.

Sementara Haszuwan melanjutkan, kalau saat ini pihak Lapas Kelas II B Kuala Tungkal sedang menunggu turunan SK 226 narapidana yang diajukan mendapatkan Remisi pada hari kemerdekaan.

“Biasanya turunan SK tersebut seperti pengajuan Remisi sebelumnya, kemungkinan 3 hari atau 1 hari sebelum hari perayaan,” tutupnya. (Dika)