Road to Fesyar, BI Jambi akan Gelar Semarak Ekonomi Syariah Jambi (SERAMBI) 3rd

JAMBI, AksesNews – Ekonomi syariah telah menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru. Hal tersebut tampak pada masuknya negara non muslim ke dalam bisnis syariah, seperti: (I) Tiongkok sebagai eksportir baju muslim tertinggi ke Timur Tengah; (ii) Thailand sebagai dapur halal dunia; (iii) Brazil sebagai pemasok daging unggas halal terbesar ke Timur Tengah; (iv) Australia sebagai pemasok daging sapi halal terbesar ke Timur Tengah; dan beberapa peluang lainnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Hermanto mengatakan bahwa saat ini, Indonesia menduduki peringkat ke-4 dalam perkembangan ekonomi dan keuangan syariah (eksyar) global. Untuk semakin mendekatkan eksyar kepada masyarakat, Bank Indonesia secara rutin setiap tahun menyelenggarakan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) sebagai bentuk wadah integrasi berbagai kegiatan eksyar. 

“ISEF didahului dengan kegiatan Festival Syariah (Fesyar) yang dilaksanakan di 3 (tiga) kawasan, yaitu Kawasan Timur Indonesia (KTI) pada bulan Mei 2023, kawasan regional Jawa pada bulan September 2023 nanti, dan wilayah regional Sumatera yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2023 mendatang,” kata Hermanto, Kamis (13/07/2023).

Sebagai bagian dari kegiatan Road to Fesyar, KPwBI Provinsi Jambi akan menyelenggarakan Semarak Ekonomi Syariah Jambi (SERAMBI) ketiga (3rd) tahun ini. Tujuan utama kegiatan SERAMBI mengacu kepada 3 pilar pengembangan Eksyar yaitu (I) Penguatan ekosistem halal; (ii) Penguatan keuangan syariah; dan (iii) Penguatan penerapan halal lifestyle. 

Penguatan ekosistem halal dilakukan dengan menghadirkan UMKM serta lembaga lainnya yang terlibat dalam ekosistem eksyar seperti industri keuangan syarah, Baznas dan Kantor Wilayah Kementerian Agama, serta asosiasi syariah. Kegiatan SERAMBI turut dihadiri oleh 23 Institusi Jasa Keuangan (IJK) baik bank maupun non bank yang memiliki layanan produk keuangan syariah sebagai bentuk penguatan keuangan syariah. 

Implementasi Ekonomi Syariah (Eksyar) terdekat di lingkungan kita adalah penguatan penerapan halal lifestyle melalui halal food dan halal fashion. Upaya yang telah dilakukan antara lain (I) dukungan kegiatan sertifikasi halal self declare melalui sinergi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi; (ii) kegiatan Fashion Show baju busana muslim oleh desainer putra/i daerah menggunakan wastra tradisional Jambi; serta berbagai kegiatan lainnya untuk memeriahkan acara SERAMBI 3rd tahun 2023. (Rls/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here