Beranda Akses Harapan Pelaku UMKM terhadap Kepemimpinan Jambi Mantap

Harapan Pelaku UMKM terhadap Kepemimpinan Jambi Mantap

JAMBI, AksesNews – Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Al Hari dan Abdillah Sani pada tanggal 7 Juli lalu, tentu menuai harapan baru. Secara garis besar, pasangan pemimpin tersebut diharapkan dapat mengantarkan Jambi ke arah yang lebih baik lagi dalam berbagai bidang.

Tidak terkecuali bidang ekonomi. Harapan dalam bidang ini disampaikan oleh Berlian Sentosa, pelaku UMKM sekaligus Komite Ekonomi Kreatif kepada Kepemimpinan Gubernur Baru yang memiliki jargon Jambi Mantap itu.

“Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi harus memaksimalkan potensi ekonomi kreatif di Jambi yang sedang tumbuh. Sumber daya yang ada jangan sampai diabaikan,” kata Berlian, Selasa (13/07/2021).

Menurutnya, wilayah Jambi memiliki sejumlah komoditi yang menembus kancah internasional, misalnya kopi dari Kerinci, dan Teh Kayu Aro. Komoditi itu harus diperkuat diplomasinya.

“Diplomasi kopi bisa melalui budaya ekonomi kreatif yang bisa membuat Jambi unggul dibanding dengan yang lainnya. Lalu, perlu diketahui teh kayu aro terbaik di dunia yang masih diminum oleh Ratu Elizabeth dan keluarganya,” katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi harus memperluas jejaring pasar melalui Kamar Dagang dan Industri Indonesia, serta Kedutaan Besar. Ekonomi kreatif di Jambi harus dibantu, dan ditangani dengan tulus agar berkembang dan lebih baik.

“Sebelumnya, kita membuat program dan respon dari dinas-dinas terkait itu setengah hati, dan sekedar menghabiskan biaya atau wujudkan proyek, sehingga hasilnya tak berdampak,” katanya.

Kata Berlian, harus ada pertemuan antara program pemerintah dan ekonomi kreatif yang sedang tumbuh.

“Bisa bekerja sama dengan dinas-dinas terkait. Namun, masih banyak dinas terkait yang tidak mengerti kebutuhan ekonomi kreatif,” lanjutnya.

Tak hanya komoditi yang menembus kancah internasional, ada banyak sumber daya manusia di Jambi yang berpotensi. Ada arsitek, desainer, desain interior, desain komunikasi visual, serta pakar seni pertunjukan di musik dan sebagainya.

“Banyak sekali yang bisa kita kolaborasikan diberdayakan dari teman ekonomi kreatif ini. Hadapannya, dapat memberdayakan dan menolong orang lain,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi