Beranda Akses Kelahiran Kuala Tungkal, Yuli Wulandari Diundang FIBA ke Amerika

Kelahiran Kuala Tungkal, Yuli Wulandari Diundang FIBA ke Amerika

JAMBI, AksesNews – Salah satu Wasit Junior NBA Global Final di Orlando Amerika Serikat (AS) adalah Wanita asal Jambi. Sosok wanita ini iyalah Yuli Wulandari (32) yang mana diundang langsung oleh Federation International Basket Assosiation (FIBA) melalui surat elektronik.

Sebagai Wasit Basket di Junior NBA Global Final, dirinya menjadi perwakilan Jambi dan Indonesia bahkan menjadi perwakilan Asia. Selain itu, dirinya akan berangkat ke Amerika pada 4 Agustus 2019 mendatang.

Untuk Yuli sendiri, dirinya pernah menimbah ilmu di Philadelphia dan Washington DC pada tahun 2013. Dirinya pun tercatat wasit basket Indonesia berlisensi internasional. “Ya, tentu status berlisensi internasional, karena berhubungan dengan FIBA yang menunjuk saya. Ini bukan wakil Indonesia, ini adalah perwakilan Asia, terpilih mewakili Asia,” kata Yuli.

“Ini satu kesempatan yang jarang sekali didapat dan ini menunjuk adalah FIBA langsung. Mereka pengen cari wasit-wasit muda wanita yang di Asia untuk bisa untuk kejuaraan dunia,” lanjutnya.

Menurut Yuli, saat ini FIBA tengah mencari wasit-wasit muda wanita untuk kejuaraan di Asia sampai kejuaraan dunia. “Karena wasit wanita jadi Asia itu sedikit, karena kita itu dibatasin setiap negara. Itu hanya dibolehkan beberapa wasit, maksimal 5 wasit perempuan,” tambahnya.

Terkait kemajuan olahraga basket dengan kualitas perwasitan di Jambi, Menurutnya, kualitas wasit yang baik juga akan menciptakan kualitas permainan atlet.

“Menarik menurut saya, bagaimana filosofi mewasiti, bagaimana caranya kita menerapkan peraturan di lapangan untuk anak-anak (atlet) buat Jambi ke depannya. Yang saya ketahui adalah, permainan itu akan lebih menarik dan lebih bagus ketika mewasitinya juga bagus,” paparnya.

Yuli berharap, ke depan akan muncul wasit seperti dirinya yang dapat mengharumkan nama Jambi, bahkan Indonesia, yang bisa bermunculan di event nasional bahkan internasional.

“Harapan saya, di provinsi Jambi akan maju lagi. Sekarang (Basket putri) Kita akan lolos PON dan sayarat bukan hanya dari segi pemain-pemainnya saja. Sekarang juga dari segi wasit, pelatih dan apapun itu di cabang basket kita bisa maju,” terangnya.

“Contohnya saja saya, yang bukan dari kota besar tapi dari kota kecil Kuala Tungkal, tapi bisa saya bawa nama Jambi, nama kota kelahiran Saya Kuala Tungkal di kancah internasional. Istilahnya orang tahu bahwa Jambi bisa diperhitungkan,” pungkasnya. (Alpin/Dika)