Beranda Akses Jelang Sidang PHPU, Kapolda: Jambi Masih Kondusif

Jelang Sidang PHPU, Kapolda: Jambi Masih Kondusif

JAMBI, AksesNews – Kapolda Jambi, Irjen. Pol. Muchlis AS, memimpin apel konsolidasi operasi Ketupat 2019 Polda Jambi dan persiapan pengamanan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan umum (PHPU), di lapangan Mapolresta, Jambi Timur Kota Jambi, Kamis (13/06/2019).

Apel yang dipimpin Kapolda Jambi tersebut, didampingi Danrem 042/Gapu Kol Arh Elphis Rudy, serta dihadiri oleh Wakil Wali Kota Jambi Maulana, para pejabat utama Polda Jambi dan pejabat terkait lainnya.

Kapolda mengatakan, salah satu indikator keberhasilan operasi ketupat 2019 yakni menurunnya jumlah angka dan korban kecelakaan di wilayah hukum Polda Jambi.

“Angka kecelakaan, kriminalitas, korban meninggal dunia, luka-luka hampir semuanya menurun sekitar 50 persen,” kata Muchlis.

Terkait persiapan pengamanan sidang PHPU untuk wilayah hukum Polda Jambi, Kapolda menegaskan situasi keamanan masih kondusif.

“Alhamdulillah, tadi Saya bicara dengan pak Danrem dan Kabinda (kepala badan intelejen negara daerah Jambi), sampai saat ini situasi masih kondusif dan Saya berharap Jambi tetap kondusif,” tambahnya.

Sementara itu, Danrem 042/Gapu Kol Arh Elphis Rudy menyebutkan, apel konsolidasi operasi ketupat 2019 Polda Jambi juga menyampaikan, pertama mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1410 H, mohon maaf lahir dan batin.

“Saya meminta semua pihak, kepada seluruh warga Jambi, jangan biarkan persatuan dan kesatuan bangsa tercabik-cabik. Sudah begitu lama Bangsa Indonesia berkelut dalam luka Pemilu, sudah waktunya kita balut luka ini dengan legowo mengedepankan rasa persaudaraan. Tak perlu lagi kita tambah luka baru, yang pada akhirnya malah merugikan kita semua,” kata Elphis.

Danrem berharap situasi keamanan di wilayah Provinsi Jambi yang saat ini sudah kondusif bisa terjaga hingga sidang putusan MK diketok, dimana Mahkamah Konstitusi (MK) akan memulai sidang perdana gugatan hasil Pemilihan Presiden 2019 di 14 Juni 2019 mendatang.

“Mari kita bersama-sama menjaga dan membangun daerah ini dengan tertib dan aman serta kita jaga situasi wilayah dari tingkat daerah sampai tingkat nasional, mari kita bersihkan hati kita, dan kita jaga hubungan bathin antara TNI, Polri dan komponen bangsa lainnya,” pungkasnya. (Alpin)