Beranda Akses 20 Ton Minyak Mentah Illegal dari Bajubang Diamankan Polda Jambi

20 Ton Minyak Mentah Illegal dari Bajubang Diamankan Polda Jambi

JAMBI, AksesNews – Sebanyak 10 unit mobil pick up, 20 unit tedmon dan minyak mentah 20 ton diamankan Ditreskrimsus Polda Jambi dan berhasil menangkap sepuluh pelaku penambang minyak ilegal (illegal drilling) di Jalan Lintas Timur Sumatera, Bajubang, Batanghari, sekitar pukul 02:00 WIB, Kamis (13/02/2019) dini hari.

“Anggota Subdit IV melakukan pengecekan di lokasi tersebut, atas informasi warga dan ternyata benar adanya aktivitas penambangan minyak ilegal yang dilakukan sekelompok orang di kawasan Tempino dan Bajubang, Batanghari,” kata Direskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Daniel Yudo Ruhoro melalui Kanit II Tipiter Subdit IV AKP Sahlan Umagapi, Rabu (13/02/2019).

Lanjutnya, tim yang bergerak turun ke lokasi tersebut akhirnya menemukan dan mendapatkan 10 unit mobil truk yang sedang mengisi dan memuat minyak ilegal yang rencananya akan dijual ke Palembang untuk diolah menjadi minyak yang dapat dijual untuk mendapatkan keuntungan.

“Saat ditangkap oleh tim, kesepuluh pelaku tersebut memiliki peran dan tugas masing-masing guna melancarkan bisnis minyak ilegal di Batanghari,” kata Kanit II Tipiter Subdit IV AKP Sahlan Umagapi.

Kesepuluh pelaku atau tersangka yang ditangkap, antara lain Sugianto (40), Suparman (36), Tio (27), Elan, Difiansyah (29), Teddy Hidayat (25), Megi Fernanado (24), Hambali (46) Yudianto (41), semuanya warga Sumatera Selatan, dan dua warga Jambi, yakni Adi Azuar (32) dan Yuiandri (41).

Akibat perbuatannnya, para pelaku dikenakan Pasal 53 juncto Pasal 23 ayat (2) huruf b UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Migas dengan ancaman maksimal empat tahun penjara. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi