Beranda Akses Ruang Hijau Manual Brew Competition: Suka Ria Para Penikmat Kopi Jambi

Ruang Hijau Manual Brew Competition: Suka Ria Para Penikmat Kopi Jambi

JAMBI, AksesNews – Menjamurnya kedai kopi di kota Jambi selama 5 tahun terakhir ini telah meningkatkan gairah warga Jambi untuk mengetahui lebih jauh mengenai kopi, baik itu dari aspek jenis kopi serta metode menyeduh kopi.

Berbagai metode menyeduh kopi seperti menggunakan dripper/saringan V60 juga sudah mulai populer terutama di kalangan anak muda Jambi. Sekarang kopi tidak hanya diminum sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan kafein dalam tubuh tapi menikmati kopi terasa lebih serius karena mulai memperhatikan aspek cita rasa serta teknik menyeduh.

Kesenangan menikmati kopi  di berbagai kedai kopi di seputar kota ini akhirnya mempertemukan anak-anak muda Jambi dari berbagai latar belakang mulai dari barista, jurnalis, pengajar, pemilik kedai, pekerja, penyanggrai kopi dan mahasiswa bersepakat untuk membentuk sebuah komunitas yang diberi nama Swan Coffee Community (SCC).

Komunitas yang terbentuk pada bulan Oktober 2021 bertekad untuk menyatukan para pegiat dan penikmat kopi ini agar dapat berbagi ilmu dan cerita mengenai kopi dari berbagai sisi serta memperkenalkan kopi pada masyarakat kota Jambi.

Pada bulan ini SCC diberi kehormatan untuk menjadi panitia kompetisi manual brew (seduh manual) kopi di ajang “Ruang Hijau Manual Brew Competition” yang akan diadakan pada hari Sabtu, 13 November 2021 bertempat di Ruang Hijau Coffeeshop yang beralamat di Jl. Lingkar Barat Paal 10 Jambi (Kantor PTPN 6).

Kompetisi kopi yang digagas oleh Ruang Hijau Coffeeshop ini akan menjajal kemampuan menyeduh kopi para peserta kompetisi.

“Kompetisi ini kami adakan dalam rangka memperingati satu tahun berdirinya Ruang Hijau Coffeeshop yang jatuh pada bulan November ini,” ujar Marwan Ilhami, manajer operasional Ruang Hijau, Jumat (12/11/2021).

Dia juga berharap kegiatan ini akan meningkatkan antusiasme warga Jambi untuk lebih mengenal kopi.

Sementara itu, Ketua SCC, Zulkifli juga sangat antusias dengan kegiatan ini. Dengan adanya kompetisi ini, perkopian Jambi hidup kembali setelah hampir 2 tahun vakum karena pandemi. Dirinya mengatakan semangat para pegiat kopi Jambi sangat terasa pada kompetisi ini.

“Kami terpaksa mengakomodir antusiasme penikmat kopi Jambi dengan menambah kuota peserta, dari 40 orang menjadi 42 orang. Bagi seluruh warga Jambi yang ingin melihat langsung kompetisi ini sambil menikmati suasana alam bisa datang ke Ruang Hijau Coffeeshop, hari Sabtu tanggal 13 November 2021 besok,” sebutnya.

Acara ini akan dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai dan didukung penuh oleh PTPN 6, Instinct Roastery dan Koffiekopi. (Rls/*)

DRadio 104,3 FM Jambi