Fadhil Ingin Stunting di Batanghari Hilang untuk Lahirkan Generasi Tangguh

BATANGHARI, AksesJambi.com – Bupati Batanghari, Mhd Fadhil Arief didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Batanghari, Zulva Fadhil menghadiri kegiatan Pilot Project PEK Peduli Stunting di Ruang Kaca Rumah Dinas Bupati, Kamis (12/10/2023).

Untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Batanghari, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari melalukan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (PEK) peduli stunting dengan menyalurkan bantuan bahan pangan kepada keluarga penerima.

Selain pemberian bantuan bahan pangan, sebelumnya TP PKK Kabupaten Batanghari juga telah melaksanakan program ayah ibu asuh bagi anak-anak yang dinyatakan stunting. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan nutrisi dan gizi anak-anak stunting di Kabupaten Batanghari dapat terpenuhi.

Fadhil Arief mengatakan, bahwa pihaknya cukup serius dalam menangani kasus stunting di Kabupaten Batanghari. Bupati mengatakan, bahwa Pemkab ditahun 2023 ini berhasil meraih Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan JKN KIS sebesar 96,66 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Batanghari.

“Jaminan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Batanghari sudah diangka hampir 97 persen. Kita tentu ingin stunting di Kabupaten Batanghari ini hilang untuk lahirkan generasi tangguh, karena anak-anak ini nantinya yang akan meneruskan kita,” kata Fadhil.

Terkait dengan jumlah data anak stunting di Kabupaten Batanghari, Fadhil meminta Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) melakukan pendataan yang valid. Sehingga dapat diidentifikasi penyebab anak-anak tersebut menjadi stunting.

Selanjutnya, Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Putut Riyatno mengatakan bahwa target Nasional saat ini untuk penurunan stunting yakni diangka 14 persen. Ia mengatakan bahwa berdasarkan data SGGI angka stunting di Kabupaten Batanghari mengalami peningkatan.

Namun, Putut mengatakan bahwa data per-Februari sampai dengan September ini. Angka bayi pendek di Kabupaten Batanghari mengalami penurunan cukup signifikan.

“Kami harap sampai Desember bisa turun, sehingga Kabupaten Batanghari di tahun 2023 bisa turun. Tentu dengan kerja keras seluruh instansi dan sektor. Semoga bisa diturunkan stunting,” ujarnya.

Dengan adanya pemberian bantuan kepada keluarga penerima serta progam ayah ibu asuh bagi bayi stunting ini dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Batanghari. (Bjs/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here