Beranda Advertorial Masnah Busro Serahkan 50 Sertifikat Tanah di Desa Tanjung Lanjut

Masnah Busro Serahkan 50 Sertifikat Tanah di Desa Tanjung Lanjut

MUAROJAMBI, AksesNews – Bupati Muaro Jambi, Masnah Busyro menyerahkan sertifikat secara simbolis pada kegiatan Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria, di Desa Tanjung Lanjut, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (12/01/2021).

Hadir pada acara tersebut Sekda Kabupaten Muaro Jambi Jangning, para OPD lingkup Pemkab Muaro Jambi, Camat Sekernan, serta tamu undangan lainnya. Acara ini merupakan lanjutan dari acara penyerahan sertifikat tanah melalui video teleconference oleh Presiden Joko Widodo tanggal 5 Januari yang lalu.

Acara tersebut berlangsung di Lapangan Pasar Kamis, Dusun Tanjung Buluh, Desa Tanjung Lanjut, Kecamatan Sakernan, Kabupaten Muaro Jambi. Penyerahan sertifikat ini, diharapkan dapat menjamin kepastian hukum penyelesaian penguasaan tanah dalam kawasan hutan, dan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan ekonomi masyarakat setempat.

Dalam sambutan Kapala Kantor Pertanahan Kabupaten Muaro Jambi Suharna, berharap dengan adanya penyerahan sertifikat ini dapat menjamin kepastian hukum kepemilikan tanah dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tanjung Lanjut.

“Sebagaimana kita ketahui, Desa Tanjung Lanjut memiliki potensi perkebunan kelapa sawit dan perkebunan karet. Selain itu terdapat Danau Tangkas yang berpotensi untuk dijadikan Desa Ekowisata dengan pendampingan dan pemberdayaan kita bersama,” ucapnya.

Selain itu pada hari ini, kata Suharna, program redistribusi tanah di Desa Tanjung Lanjut telah diselesaikan sertifikat sebanyak 500 bidang, dan hari ini kita diserahkan secara simbolis sebanyak 50 sertifikat sisanya dapat diambil langsung dengan perangkat Desa Tanjung Lanjut.

“Tahun 2021 ini, Kabupaten Muaro Jambi ditargetkan PTSL sebanyak 26.000 sertifikat hak atas tanah”, tutupnya.

Sementara itu, Bupati Masnah mengucapkan selamat kepada penerima yang sekarang telah resmi memiliki surat tanah secara sah. Dirinya berpesan, tentukan skala prioritas apabila butuh modal usaha sertifikat ini memang bisa menjadi jaminan di bank.

“Pesan saya, kalau memang tidak terlalu butuh dana mending disimpan dengan baik dan jangan digunakan atau digadaikan untuk pembelian hal-hal yang tidak bermanfaat yang sifatnya tidak produktif,” pesan Bupati Masnah. (Duha)

DRadio 104,3 FM Jambi