Kemenag Jambi Gelar Media Gathering Transformasi Digital Penyelenggaraan Ibadah Haji

Para narasumber paparkan materinya dalam Media Gathering Kemenag Jambi. Foto: Bahara Jati/AksesJambi.com

JAMBI, AksesNews – Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jambi menggelar Media Gathering Transformasi Digital Penyelenggaraan Ibadah Haji pada Kemenag RI, di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jambi tahun 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung di Rumah Kito Resort Hotel Jambi, Senin (11/12/2023), yang dihadiri sejumlah pemimpin redaksi media elektronik, cetak dan online, pendamping jemaah haji, dan penyuluh agama Islam. Kegiatan dibuka oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi, Zoztafia, diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Abdullah Saman.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, yang diwakili Kabag Tata Usaha, Abdullah Saman menyampaikan, pentingnya pemanfaatan teknologi sebagai langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan.

“Transformasi digital dipandang sebagai upaya krusial untuk memastikan kenyamanan para jemaah haji. Insan pers di Provinsi Jambi turut ambil bagian dalam acara ini, memegang peran sentral dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” katanya.

Keterlibatan mereka diharapkan mampu mempromosikan dan menyebarkan informasi seputar transformasi digital dalam penyelenggaraan ibadah haji, terutama dalam konteks isu-isu kesehatan dan keselamatan para jemaah haji.

Perangkat Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) di Provinsi Jambi yang turut hadir, memiliki kesempatan untuk memahami lebih dalam serta merespons inovasi dan langkah-langkah teknologi yang telah diperkenalkan.

“Kehadiran mereka memberikan peluang untuk berinteraksi, bertanya, dan memberikan masukan langsung terkait implementasi perubahan tersebut di lapangan,” ucapnya.

Sebelumnya, Humas Kanwil Kemenag Jambi, Paspihani yang juga selaku Ketua Panitia Media Gathering tersebut melaporkan, kegiatan ini diikuti 84 peserta, terdiri dari Kepala Seksi PHU kabupaten/kota, pranata dan pengelola humas, penyuluh agama, pimpinan lembaga media dan wartawan.

“Kegiatan ini diadakan untuk terus membangun sinergitas yang baik antara Kemenag dan media massa, agar seluruh program dapat tersampaikan secara luas ke masyarakat,” kata Paspihani.

Selain itu, pihaknya sengaja mengundang para pimpinan lembaga pers, pimpinan redaksi dan rekan-rekan wartawan guna membangun sinergisitas dengan baik antara Kementerian Agama dan media.

“Melalui dialog dan informasi yang diberikan, diharapkan dapat terjalin kerjasama yang erat antara Kementerian Agama, PHU, insan pers, dan seluruh stakeholder terkait demi kesuksesan transformasi digital dalam penyelenggaraan ibadah haji,” katanya.

Sebagai narasumber utama, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Wahyudi Abdul Wahab, M.Fil.I, menyampaikan berbagai inovasi yang telah diimplementasikan.

Dalam presentasinya, Wahyudi menyoroti bagaimana teknologi dapat membantu mempermudah proses penyelenggaraan ibadah haji, dengan penekanan khusus pada aspek kesehatan jemaah.

Narasumber selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi, Dr. Ferry Kusnadi, Sp.OG., menyoroti upaya konkret dalam menjaga kesehatan para jemaah haji.

Dirinya secara rinci memaparkan strategi dan program kesehatan yang telah diimplementasikan untuk memastikan bahwa setiap jemaah haji yang berangkat harus dalam kondisi prima.

Selanjutnya, perwakilan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Provinsi Jambi, Dr. Lia Agustina, M.P.H, memberikan wawasan mendalam terkait penanganan kesehatan di pelabuhan.

Dalam kontribusinya, ia menguraikan langkah-langkah yang telah diambil untuk memastikan keberangkatan para jemaah haji dimulai dari kondisi kesehatan yang optimal.

Informasi tersebut mencakup pemeriksaan kesehatan menyeluruh, program vaksinasi, dan protokol kesehatan ketat lainnya yang diimplementasikan di klinik kesehatan pelabuhan.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, diskusi terbuka dan games interaktif, di mana peserta dapat berinteraksi langsung dengan para narasumber.

Melalui Media Gathering ini, diharapkan dapat tercipta kolaborasi yang lebih baik antara pemerintah, sektor kesehatan, dan berbagai pihak terkait untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji di Provinsi Jambi, dengan dukungan teknologi sebagai pendorong utama. (Bjs/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here