Beranda Akses Adean Teguh Sesalkan Pembangunan di SMPN 05 Tebo Ilir, BPK RI Diminta...

Adean Teguh Sesalkan Pembangunan di SMPN 05 Tebo Ilir, BPK RI Diminta Segera Audit

TEBO, AksesJambi.com – Diduga pengerjaan proyek SMPN 05 Tebo Ilir dikerjakan asal jadi, Berdasarkan temuan awak media di lapangan di proyek yang baru dibangun, yang dikerjakan oleh CV Bina Cipta Konstruksi diduga kuat tidak sesuai spek.

Pembangunan ruang Kepala Sekolah SMPN 05 Tebo Ilir, dengan nilai SPK Rp 195.926.000, sumber dana APBD Kabupaten Tebo tahun anggaran 2023. Waktu pelaksanaan 95 hari kalender, Konsultan pengawas CV. GARIS PERAK CONSULTANT dan pelaksana CV. BINA CIPTA KONSTRUKSI.

Mendengar keterangan warga yang enggan namanya dituliskan, awak media ini langsung turun ke lokasi proyek di SMPN 05 Tebo Ilir itu. Saat di lokasi proyek, memang ditemukan apa yang dikatakan warga tersebut. Di mana kelihatan hasil pengerjaan fisik dari galian pondasi sampai pemasangan plafon dek dan juga papan resplang WC, apa ini disengaja agar proyek cepat selesai atau gimana.

“Iyo Pak benar, dari awal pembangunan kito nengok dengan kasat mato galian pondasi surat nian. Macam dak ado pengawas dari Dinas Dikbud bae. Cubo tengok itu, rehab WC sekendak hati be dikerjokan. Itu duit negara, bukan duit pribadi,” katanya.

Tambah Ketua DPW Pekat IB Provinsi Jambi, Adean Teguh, berharap agar pihak berwenang, terutama Inspektorat Kabupaten Tebo dan BPK-RI dan APH agar segera mengaudit proyek itu. Kalau perlu CV nyo di blacklist untuk di Tebo ini.

“Saya juga berharap agar pihak Kejari Kabupaten Tebo segera panggil dan periksa pemilik CV tersebut, jangan kasih peluang untuk orang melakukan tindakan yang berakibat merugikan negara,” tegasnya.

Ia juga berharap, pihak yang berwenang agar segera menindak lanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat tersebut. Pembangunan itu sangat diharapkan warga, tetapi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Kami ingin pembangunan tersebut kokoh dan kuat terjamin kualitasnya, sebagai mana yang diharapkan kalau perlu sampai anak cucu,” ucapnya.

Selain itu, ia juga minta kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tebo, Agar segera memanggil pihak rekanan CV. Bina Cipta Konstruksi, agar diminta untuk bertanggung jawab dengan hasil pengerjaan yang mereka kerjakan.

“Karena apabila dibiarkan sudah pasti berdampak buruk, Karena kualitas bangunan tersebut diragukan, dan diduga tidak akan lama pihak Dinas Dikbud seharusnya mengambil tindakan yang tegas terhadap CV Bina Cipta Konstruksi. Untuk segera bertanggung jawab dan tidak ada lagi pemborong nakal yang hanya menguntungkan dirinya sendiri,” tutur Adean Teguh.

Awak media ini sudah konfirmasi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tebo, Ade Nofriza. Namun, belum ada tanggapan dan respon. Sedangkan pesan WhatsApp terlihat sudah conteng dua (2), sehingga berita diterbitkan.

Bukan hanya itu saja, !wak media juga sudah berusaha mencari kontak telepon kontraktor hendak konfirmasi sampai berita ini ditayangkan belum berhasil didapatkan. (PJS)