Beranda Akses Gelar FGD, Diskominfo Provinsi Jambi Tekankan Informasi Publik Berkelanjutan

Gelar FGD, Diskominfo Provinsi Jambi Tekankan Informasi Publik Berkelanjutan

JAMBI, AksesNews – Bertempat di Bukit Cinta Meeting Room, Kayu Aro Kerinci, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jambi menyelenggarakan Forum Group Discussion Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Sebagaimana diketahui bahwa FGD ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Provinsi Jambi untuk mendorong seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jambi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yan transparan, efektif, efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Ir. Nurachmat Herlambang, MMA diwakili oleh Kepala Bidang Informasi Publik dan Statistik , Sabri Yanto, S.H., M.H., mengungkapkan bahwa fakta yang terjadi di lapangan adalah masih banyak kab/kota yang tidak melaksanakan perintah undang-undang.

“Jika kita lihat, kabupaten/kota masih banyak yang tidak menyediakan informasi yang wajib diumumkan dan disediakan sebagaimana perintah dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, kami berharap setelah pelaksanaan FGD ini, OPD di Kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh dapat memahami pentingnya penyediaan informasi publik secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sabri Yanto mengingatkan agar admin PPID dapat mengunggah informasi publik serta menanggapi permohonan informasi secara berkelanjutan.

“Khusus untuk Kerinci, daftar informasi publiknya masih kosong dan belum pernah diunggah sama sekali,”tandasnya

Untuk itu, Sabri Yanto berharap FGD ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para admin dalam memahami pentingnya keterbukaan informasi publik.

Selanjutnya, Sabri mengingatkan jangan sampai web ppid dibuka seminggu sekali, karena tugas pengelolaan informasi publik ini sifatnya kontinuitas/rutin. Dengan begitu, informasi yang ada di web telah tersedia.

FGD tersebut dihadiri oleh Kabag Kominfo Kab. Kerinci, Camat Kayu Aro, serta para Admin PPID di lingkup Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh. (Kmf/*)

DRadio 104,3 FM Jambi