Beranda Akses Polisi Tangkap Para Perampok Toke Pinang di Tanjab Barat

Polisi Tangkap Para Perampok Toke Pinang di Tanjab Barat

JAMBI, AksesNews – Polisi sudah menangkap para pelaku pembacokan terhadap satu keluarga di Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat, Jambi. Sebelumnya, 2 orang sudah ditangkap dan ternyata pelakunya berjumlah 7 orang. Ada 6 orang yang diamankan polisi, 1 masih buron.

Penangkapan terhadap 6 dari 7 pelaku perampokan di Desa Sungai Gebar, Kecamatan Kuala Betara, Kabupaten Tanjab Barat, Jambi berawal dari pasien Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) KH. Daud Arif Kuala Tungkal.

Kasat Reskrim Polres Tanjab Barat, AKP Jan Manto Hasiloan, mengatakan penangkapan itu berawal dari pasien yang mencurigakan saat dirinya akan melakukan pengecekan kondisi korban, yakni Ibrahim dan Desi Maria Utami yang dirawat di rumah sakit setempat.

Kedatangannya ke rumah sakit untuk mendalami ciri-ciri para pelaku. Namun, saat dirinya sampai di rumah sakit ada pasien yang saat itu dalam kondisi terluka parah. Lukanya cukup serius, di tangan dan bagian kepala yakni Aliyasman (41) warga Dusun Sri Menanti, Desa Sedang/Mandala Jaya, Kecamatan Betara.

“Saat di rumah sakit untuk mendalami keterangan korban, ada pasien masuk kondisi luka lumayan parah,” kata Kasat Reskrim Polres Tanjab Barat, AKP Jan Manto Hasiloan, Jumat (11/09/2020).

Saat itu, pasien itu luka berdarah-darah tersebut dalam keadaan tidak sadarkan diri dengan di antar seorang lelaki. Saat itu, ia bertanya kenapa bisa terluka hingga berdarah-darah seperti itu dan dijawab oleh yang mengantarkan, ia menyebutkan jika orang yang terluka tersebut terkena kipas pompong.

“Ngakunya kena kipas pompong,” sebutnya.

Toke Pinang di Tanjab Barat Dirampok

Kemudian, dirinya merasa curiga karena jika luka terkena kipas pompong kenapa harus luka di bagian kepala dan tangan. Namun, saat dirinya mencoba mendalami hal itu, orang yang mengantarkan tersebut menghilang dan pergi.

“Ternyata setelah kita lihat CCTV rumah sakit, ternyata ada kemiripan antara keterangan korban perampokan dengan orang yang mengantarkan orang yang berdarah-darah dan yang luka itu,” jelasnya.

Kemudian bermodalkan CCTV dan foto tersebut dan fakta-fakta yang ada di lapangan serta keterangan korban tim Reskrim langsung melakukan pengejaran dan ternyata benar mereka pelakunya.

“Nah, setelah sadar kita dalami dan ternyata benar pelaku ini,” ucapnya.

Berbekal hal itu, saat itu terdeteksi keberadaan pelaku yang terekam CCTV tersebut berada di sekitaran Teluk Nilau. Kemudian tim bergerak cepat dan melakukan penangkapan terhadap pelaku atas nama Daeng alias Rabak (46) warga Bram Itam.

Setelah itu dilakukan pengembangan, tidak jauh dari lokasi penangkapan pelaku tersebut. Pihaknya menangkap dua pelaku lainnya yakni Kaspul Anwar (50) dan Abdullah Halim (47). Keduanya, merupakan warga Desa Sialang, Kecamatan Tungkal Ilir.

“Sebenarnya ketiganya sudah berjanji akan bertemu bersama dan keduanya berhasil kita amankan dari lokasi berdekatan itu. Kita membawa Daeng dan dua orang, kedua itu yakni Kaspul dan Halim,” sebutnya.

Polisi Tangkap 2 Perampok Toke Pinang, 1 Masih Buron

Polisi kembali menangkap dua orang lainnya secara terpisah, yakni Misi (29) Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Kuala Enok, Kabupaten Tembilahan Provinsi Kepri dan Jumairi (35) Warga Parit Pakmas Teluk Kulbi, Kecamatan Kuala Betara.

Dari penangkapan terhadap 2 orang yang berada di rumah sakit dan 4 di kawasan Teluk Nilau tersebut. Terungkap pelaku yang beraksi berjumlah 7 orang. Mereka sudah merencanakan perampokan tersebut, saat ini 1 masih diburu.

Barang bukti yang berhasil diamankan yaitu, jam tangan, uang tunai Rp 900 ribu, pisau senjata tajam, air softgun. Uangnya itu sebenarnya Rp 1 juta, tetapi sekarang tinggal Rp 900 ribu karena yang Rp 100 ribu sudah dibelanjakan.

“Para pelaku terancam dikenakan pasal berlapis, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. Pencurian disertai dengan kekerasan,” pungkasnya. (Dika/Alra/Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi