Beranda Akses Kabut Asap Karhutla, Kholis: Pemerintah Harus Bekerja Lebih Ekstra

Kabut Asap Karhutla, Kholis: Pemerintah Harus Bekerja Lebih Ekstra

TANJABBAR, AksesJambi.com – Wakil Ketua DPRD Sementara Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Nurkholis meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk bekerja lebih ekstra dalam memantau udara yang tercemar asap dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi.

“Berbeda dengan masyarakat yang diminta untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, kalau orang Pemkab harus banyak keluar, supaya melihat dan merasakan kondisi udara yang tidak sehat,” kata Kholis saat di konfirmasi melalui via telpon, Rabu (11/09/2019).

Lebih lanjut, Kholis mengatakan kalau semua pihak harus peduli, serius dan tegas kepada masyarakat yang mencoba membakar lahan, karena sudah ada aturan yang mengatur tentang pembakaran lahan yang mengakibatkan bencana kabut asap, agar terulang lagi kedepannya.

“Karena selain bersumber dari asap kendaraan, asap pembuangan pabrik, juga karena Karhutla, namun diperparah lagi terjadi di musim kemarau. Tentu mengganggu kegiatan bertani, nelayan, perkantoran, sekolah baik kenyamanan dan kesehatan,” tegasnya.

Tak hanya meminta Pemkab bekerja lebih keras dalam memantau perkembangan pencemaran udara dan mengatasi Karhutla, Politisi Golkar tersebut ini juga meminta kepada masyakarat agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas baik di pagi hari, siang dan malam karena kondisi udara masih fluktuatif, bahkan kabut asap cenderung pekat.

Lebih lanjut, Kholis sangat mengapresiasi untuk Dinas Pendidikan yang bekoordinasi dengan Dinas Kesehatan yang telah mngeluarkan kebijakan libur sekolah, meskipun konsekuensinya menganggu kegiatan belajar- mengajar.

“Untuk sementara masyarakat dihimbau untuk memakai masker, dan untuk pihak Pemkab harus keluar lihat apa yang terjadi. Kedepan diharapkan ada solusi jangka pendek dan jangka panjang untuk masalah kabut asap ini,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi