Beranda Akses Rencana Al Haris terkait Penetapan PPKM Level 4 di Merangin

Rencana Al Haris terkait Penetapan PPKM Level 4 di Merangin

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi, Al Haris memimpin rapat koordinasi Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin terkait PPKM level 4 di Wilayah Provinsi Jambi, yaitu Kabupaten Merangin.

Rapat dilaksanakan secara virtual di Ruang Vidcon Kantor Gubernur Jambi, Rabu (11/08/2021), dihadiri oleh Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Sekda Provinsi Jambi Sudirman, para Asisten, dan OPD terkait. Rakor juga diikuti secara virtual oleh Bupati Merangin, Mashuri, Forkopimda dan OPD terkait Kabupaten Merangin.

Dalam kesempatan tersebut, Al Haris menekankan langkah-langkah strategis yang harus dilaksanakan guna menindaklanjuti penetapan tersebut. Merangin menjadi status Level 4 langsung di bawah pengawasan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Jambi.

“Kinerja Pemerintah Daerah dan Satgas Kabupaten dipantau. Harus mengambil langkah-langkah yang konkrit untuk penanganan Covid-19, termasuk penyekatan terhadap mobilitas masyarakat,” kata Al Haris.

Selain itu, juga meminta untuk mengevaluasi penyebab kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Merangin. Apakah karena kasus terlambat ke fasilitas kesehatan atau sarana dan prasarana rumah sakit yang tidak memadai?

“Merangin belum ada membuat Rumah Isolasi terpusat. Angka Vaksinasi masih rendah (15 persen), begitu juga dengan angka Testing. Untuk Kabupaten Merangin, segera Vaksinasi dipercepat melalui Puskesmas segera dipertegas,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Merangin Mashuri menyatakan akan Fokus untuk penanganan Covid-19 dengan langkah-langkah sebagai berikut, menerbitkan SE No. 326 tanggal 10 Agustus Tahun 2021 tentang tindak lanjut Inmedagri Nomor 31 Tahun 2021.

“Akan membentuk Satgas penertiban melibatkan TNI, Polri, Satpol PP dan OPD, memusatkan tempat Isoman di Hotel Permata 75 TT dikontrak untuk 1 bulan, rumah aman bagi para pejabat, Isoman bagi Nakes di Rumah Sekcam Pemenang dan mengambil para Isoman di Kecamatan,” sebutnya.

Mohon bantuan Camat, Lurah/Kades untuk membantu Penanganan Covid-19. Perkuat Tim di Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin. Angka kematian di Merangin 6 persen paling tinggi di Provinsi Jambi.

“Kerja sama dan koordinasi yang baik di Satgas Kabupaten Merangin. Di Cek Posko Desa apakah sudah sesuai penggunaan dana Desa 8 persen . Ada anggaran untuk APD dan JPS (Dinas PMD),” pungkasnya. (Kmf/*)

DRadio 104,3 FM Jambi