Beranda Akses Pembebasan Lahan Jalan ke Pelabuhan Tanjabtim Akan Rampung

Pembebasan Lahan Jalan ke Pelabuhan Tanjabtim Akan Rampung

JAMBI, AksesJambi.com – Jalan sepanjang 42 Km akses jalan menuju Pelabuhan Ujung Jabung di Kabupaten TanjungJabung Timur (Tanjabtim) Provinsi Jambi segera selesai.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, M. Fauzi mengatakan, bahwa tim pembebasan lahan memperkirakan akses jalan menuju pelabuhan tersebut bakal siap dalam waktu dekat.

Menurut Fauzi, karena tahap konsultasi publik dan sosialisasi itu sudah selesai. Lahan yang dibebaskan nantinya akan dibuatkan jalan sepanjang 42 KM untuk memperlancar akses dan diproyeksikan menjadi pemicu berkembangnya pelabuhan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Sekarang tim sedang memasuki tahap pen lock (pemancangan). Nanti tinggal penetapan lokasi jalan, setelah ditetapkan dan dapat tanda tangan Gubernur baru kita bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan badan spasial akan melakukan pembayaran pada pemilik lahan,” Jelas Fauzi, Selasa (11/06/2019).

Kedepannya, Fauzi menyebut pihaknya akan membuka akses jalan terlebih dahulu, karena ada titik yang harus mereka buka dan ada pula beberapa titik yang harus dilakukan pelebaran.

“Kan ada yang sudah, ada jalannya dan ada yang belum, akan kita generalisasikan, artinya jalan yang belok akan kita luruskan,” terangnya.

Menurutnya, pembebasan lahan ini ditargetkan bulan Juni ini sudah selsai, sedangkan untuk pekerjaan fisik akan dilakukan secara bertahap.

“Yang jelas tahun ini untuk bebaskan lahan ada 62 Miliar,” ujarnya.

Selain untuk pembebasan lahan jalan menuju pelabuhan, anggaran yang dialokasikan itu juga termasuk untuk pembebasan di Jalan Patimura Kota Jambi.

“Nanti setelah selesai di Tanjabtim, akan ke Patimura sampai ke perbatasan dengan Kabupaten Muaro Jambi,” tambahnya.

Lanjutnya, Fauzi mengungkapkan bahwa untuk tahapan non formal sendiri sebenarnya sudah dilakukan pihaknya mulai dari bulan Juni, namun sedikit terkendala karena adanya penolakan dari warga.

“Ada satu warga yang tak mau membebaskan lahannya, masih alot untuk itu nanti kita juga koordinasi dengan Walikota Jambi,” pungkasnya. (Bahara Jati)