Beranda Advertorial Gelar Halal Bihalal, Fachrori: Mari Kita Luruskan Benang yang Kusut

Gelar Halal Bihalal, Fachrori: Mari Kita Luruskan Benang yang Kusut

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi, Fachrori Umar, mengelar Halal Bihalal bersama Karyawan-karyawati Setda Provinsi Jambi, dan Pejabat Eselon II, III, dan IV lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, bertempat di Lapangan dalam kantor Gubernur Jambi, Selasa (11/06/2019) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Fachrori Umar, mengucapkan selamat Idul Fitri 1440 H kepada seluruh karyawan karyawati dan pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.

“Saya atas nama pemerintah Provinsi Jambi mengucapkan Selamat Idul Fitri 1440 H, minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah SWT menerima amal puasa kita, dan kita kembali kepada kesucian dan kemenangan,” kata Fachrori.

Lanjutnya, setiap kali kita melaksanakan halal bihalal selalu diiringi dengan ucapan saling maaf memaafkan kesesama. Untuk itu, untuk semangat halal bihalal ini mari kita luruskan benang yang kusut, menghangatkan hubungan yang tadinya beku sehingga cair kembali.

Dijelaskannya, sebagaimana diketahui bahwa dalam ajaran islam, memaafkan kesalahan orang lain merupakan salah satu ciri orang bertaqwa.

Hal tersebut ditegaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 133-134 yang berbunyi “…orang-orang yang orang-orang (yaitu) bertaqwa yang menafkahkan (hartanya) baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang,” katanya.

Sambungnya, bahwa aktivitas selama Ramadhan yang lalu, selalu mendorong kita untuk beribadah tidak saja kita lakukan secara vertikal kepada sang pencipta, akan tetapi secara horisontal (muamalah).

Ramadhan penuh dengan pesan etika keshalehan sosial yang tinggi, seperti pengendalian diri, disiplin, kejujuran, kesabaran, dan saling tolong-menolong.

“Oleh karena itu ibadah Ramadhan yang baru saja kita lalui hendaknya juga membawa implikasi kepada karyawan-karyawati di lingkup Pemerintah Provinsi,” ucapnya.

Ditambahkannya, bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan ibadahnya, diharapkan dapat meningkatkan kinerja perjuangan dan semangat kita dalam menghargai nilai-nilai kebersamaan, ketaatan, disiplin, saling menghargai dan saling mencintai.

“Mari kita tanamkan dalam sanubari kita, bahwa Islam memuliakan pemeluknya yang mampu mengatasi berbagai masalah-masalah keumatan, baik yang menyangkut urusa keagamaan maupun keduniawian,” tutup Fachrori. (Hms)