Beranda Akses 11 Maret, Dewan Kopi Indonesia Berharap Jadi Ajang Kopi Lokal Unjuk Gigi

11 Maret, Dewan Kopi Indonesia Berharap Jadi Ajang Kopi Lokal Unjuk Gigi

JAKARTA, AksesNews – Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) berharap pada tanggal 11 Maret 2019 mendatang, menjadi ajang kopi lokal unjuk gigi kepada masyarakat luas. Dekopi ingin kualitas kopi lokal menjadi nomor 1 di dunia.

“Ada beberapa catatan yang ingin dicapai oleh Dewan Kopi Indonesia yang merupakan lembaga untuk memajukan kopi Indonesia dan mendorong kesejahteraan masyarakat terutama petani kopi, salah satunya menjadikan kualitas kopi lokal nomor 1 di dunia,” Sekjen De Jamil Musanif, Senin (11/03/2019).

Hal tersebut disampaikan pada perayaan satu dekade pembentukan Dewan Kopi Indoneisa di Kementrian Pertanian, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (11/03/2019). Acara tersebut juga memilki tujuan agar semua stakeholder lembaga pemerintah saling bersinergi.

“Bicara kopi itu banyak stakeholder di dalamnya. Ada Kementerian Pertanian dan ada Kementerian Kehutanan. Kita harapan semuanya saling bersinergi untuk memajukan kopi Indonesia,” katanya.

Menurutnya, semua lembaga pemerintah memiliki tanggung jawab yang berbeda. Kementrian Kehutanan, misalnya, memiliki tanggung jawab terhadap hutan masyarakat.

“Kementrian Kehutanan itu memiliki hutan masyarakat. Kita ingin pengembangan kopi hingga di hutan kemasyarakatan, tidak hanya sampai pada level memproduksi secara industri dan UKM saja,” jelasnya.

Jadi, dalam acara satu dekade pembentukan Dewan Kopi Indonesia, Dekopi berharap agar semua stakeholder saling bersinergi untuk memajukan kopi Indonesia agar dapat berbicara banyak di Internasional.

BACA JUGA: Jambi Siap Jadi Tuan Rumah Hari Kopi Sedunia Tahun 2019

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Ariansyah yang juga hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, dirinya sangat mengapreasasi Dekopi yang ingin memajukan kopi lokal menjadi nomor 1 di dunia.

“Jambi sendiri, saat ini terus berupaya untuk memaksimalkan sebagai produsen kopi unggulan. Kita akan memperkenalkan kualitas dan potensi kopi Jambi di tingkat nasional, bahkan internasional pada 11 maret nanti,” kata Ariansyah, Senin (11/03/2019).

Menurutnya, Jambi memiliki varian kopi lengkap ada kopi Liberika, Arabica dan Robusta, dan itu keunggulan yang perlu dimanfaatkan. Selain itu, kualitas kopi dari sejumlah daerah di Jambi telah diakui dalam berbagai event promosi, pameran atau expo tingkat nasional. (Bahara Jati)

SUMBER: akurat.co