Beranda Akses Polda Jambi Musnahkan Puluhan Kilogram Narkoba Sitaan

Polda Jambi Musnahkan Puluhan Kilogram Narkoba Sitaan

Pemusnahan barang bakti narkotika. Foto: dok. AksesJambi.com
Pemusnahan barang bakti narkotika. Foto: dok. AksesJambi.com

JAMBI, AksesNews – Polda Jambi kembali memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu, ekstasi dan juga ganja hasil sitaan dari periode Juli 2020 hingga Februari 2021, di Krematorium Yayasan Kesejahteraan Sosial, Pondok Meja, Paal XII, Muaro Jambi, Kamis (11/02/2021).

Pemusnahan dilakukan langsung oleh Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Yudawan R, BNNP Jambi, Kakanwil Kemenkumham, Korem 042/Gapu, Kejati serta Kejaksaan Negeri (Kejari) Jambi dan lainnya.

Barang bukti berupa sabu-sabu sebanyak 27,77 Kg, ektasi sebanyak 1690 butir, daun ganja sebanyak 29,24 Kg dan batang ganja sebanyak 865 batang langsung dibakar didalam tungku kremasi.

Sebelumnya narkotika jenis ekstasi di larutkan dalam air yang dicampur dengan deterjen dan diblender. Hasil pengungkapan narkotika tersebut, merupakan hasil pengungkapan dari Direktorat Narkoba Polda Jambi, Polresta Jambi dan Polres Bungo.

“Barang bukti berupa batang ganja ditemukan di wilayah Muaro Bungo dengan lahan seluas lebih kurang 3 hektare. Para tersangka selain jaringan lokal juga ada jaringan internasional, yaitu dari Malaysia,” kata Wakapolda Jambi Yudawan.

Dirinya juga menegaskan, bahwa keberhasilan pengungkapan kasus narkoba memiliki dua sisi yang bertolak belakang. Di satu sisi menjadi prestasi dalam pengungkapan ini, namun ini juga menjadi suatu keprihatinan dengan semakin banyaknya yang ditangkap.

“Bisa jadi pada satu sisi prestasi, menjadi prestasi membanggakan, tetapi sesungguhnya lagi satu sisi lagi itu memprihatinkan,” sebutnya.

Semakin banyaknya barang bukti yang disita ini, menjadi perhatian bahwa di Provinsi Jambi juga semakin banyak peredaran narkoba yang akan merusak generasi penerus.

Dalam Sambutan Kapolda Jambi yang dibacakan oleh Wakapolda Jambi, menegaskan bahwa komitmen pemberantasan narkoba di Jambi terus dilakukan.

Disampaikan Kapolda Jambi, dengan semakin maraknya penyalahgunaan dan Peredaran gelap narkotika mengakibatkan narkotika menjadi masalah yang dapat mengancam dan merusak generasi bangsa.

Kejahatan narkoba tergolong dalam transnasional Organised Crime, karena melibatkan kelompok atau jaringan yang luas dan secara otomatis menggunakan cara-cara khusus atau modus-modus tertentu dalam menjalankannya.

“Artinya kondisi ini memerlukan strategi yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, dalam satu komitmen untuk mencegah peredaran narkoba di tengah masyarakat, khususnya di provinsi Jambi yang kita cintai,” jelasnya.

Barang bukti yang dimusnahkan jika digunakan atau dikonsumsi oleh masyarakat Jambi, maka sudah menyelamatkan mencapai 233.572 jiwa. Jika narkotika tersebut sampai dikonsumsi, maka jelas akan menjadi persoalan yang semakin rumit ke depannya bagi generasi yang akan datang. (KHO)

DRadio 104,3 FM Jambi