Beranda Akses Ombudsman Jambi ‘Warning’ Pertamina soal Penyimpangan LPG Bersubsidi

Ombudsman Jambi ‘Warning’ Pertamina soal Penyimpangan LPG Bersubsidi

JAMBI, AksesNews – Ombudsman RI Perwakilan Jambi belakangan ini menelisik kelangkaan Gas LPG 3 kilogram (Kg) yang terjadi di sejumlah daerah di lingkup Provinsi Jambi.

Menurutnya, kelangkaan Gas LPG 3 Kg di sebuah daerah yang ada di Jambi mengakibatkan harganya mencapai Rp 50 ribu per tabung. Padahal, Gas LPG 3 Kg harga eceran tertingginya Rp 18 ribu.

Karena temuan ini, Ombudsman RI Perwakilan Jambi meminta Pertamina memperketat lapisan pengawasan distribusi gas, terutama kepada agen penyalur atau pangkalan.

“Pengawasan dimaksudkan untuk memperkecil praktik penyimpangan,” kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jambi, Jafar Ahmad, Kamis (11/02/2021).

Baginya, pihak Pertamina harus tegas menjatuhkan sanksi bila ditemukan agen dan pangkalan LPG 3 kg bersubsidi yang nakal.

Selain itu, kata Jafar, Ombudsman RI Perwakilan Jambi meminta pemerintah untuk serius mewujudkan penggunaan kartu pelanggan yang mendukung pengendalian Gas LPG 3 Kg di Kabupaten Muaro Jambi.

Selain itu, ia juga mengingatkan warga yang didata untuk penerbitan kartu tersebut, harus sesuai kriteria yang sudah ditetapkan, supaya Gas LPG ini sampai di tangan masyarakat yang tepat.

“Kita tentu sangat mendukung penerapan kartu kendali gas LPG 3 Kg itu. Kita berharap pendataan yang sudah berjalan ini dilakukan sesuai dengan kriteria penerima,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi