Beranda Akses Haji 2021 Belum Pasti, Kemenag Tanjab Barat: Masih Tunggu Arahan

Haji 2021 Belum Pasti, Kemenag Tanjab Barat: Masih Tunggu Arahan

TANJABBAR, AksesJambi.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat hingga saat ini belum bisa memastikan keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) pada tahun ini, lantaran belum mendapatkan arahan atau informasi dari pusat.

Hal ini disampaikan oleh Ikbal, Operator Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Kemenag Tanjab Barat, yang menyebutkan bahwa, dengan pembatalan keberangkatan CJH tahun lalu, maka seharusnya CJH tersebut akan berangkat pada tahun ini.

“Tapi sampai dengan saat ini, kita belum menerima arahan ataupun informasi terkait dengan apakah tahun ini ada keberangkatan jamaah haji atau tidak? Kita masih menunggu arahan,” katanya, Senin (11/01/2021).

Sementara itu, terkait dengan kesiapan keberangkatan dari jamaah, kata Ikbal, secara administrasi semua CJH sudah menyelesaikan. Meskipun memang ada satu tahapan untuk persiapan keberangkatan CJH yakni, manasik haji.

“Persiapan secara adminstrasi jamaah sudah siap, paspor sudah semua. Kemudian pemeriksaan awal kesehatan sudah, hanya proses Manasik Haji yang belum,” tambahnya

Di sisi lain, soal umroh dikatakan oleh Ikbal juga pihaknya belum mendapatkan laporan keberangkatan baik di tahun 2020 atau pun persiapan untuk jamaah umroh. Biasanya, travel Umroh akan melapor kepada pihaknya.

“Sampai sekarang untuk umroh juga belum ada melapor untuk memberangkatkan jamaah. Karena memang masih menunggu informasi baik dari pusat maupun dari Arab Saudi sendiri,” tuturnya.

Sampai dengan saat ini, untuk pendaftaran haji pihaknya tetap melakukan pelayanan untuk masyarakat yang ingin mendaftarkan haji. Bahkan sampai dengan 6 Januari 2021 sudah ada masyarakat yang mendaftar.

“Pendaftaran sampai dengan saat ini di jam kerja tetap kita layani. Terdata itu 1 sampai 6 Januari kemarin sudah ada 10 orang yang mendaftarkan,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi