Pemprov Jambi Akan Siapkan Kampung Mantap Lingkungan Hidup

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Asnelly Ridha Daulay. Foto: Msa
Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Asnelly Ridha Daulay. Foto: Msa

JAMBI, AksesNews – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akan menyiapkan Kampung Mantap Lingkungan Hidup, yakni desa yang mengoperasikan bank sampah dan melakukan kegiatan menanam pohon untuk mencegah abrasi. Program ini untuk mengurangi pencemaran di Sungai Batanghari.

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Asnelly Ridha Daulay mengatakan ada 11 desa yang disiapkan untuk dijadikan Kampung Mantap Lingkungan Hidup. Sebanyak 11 desa ini akan menjadi percontohan untuk desa-desa berikutnya.

“Disiapkan dalam bulan ini. 11 desa ini berada di bantaran sungai, dan akan diperlombakan. Semakin banyak desa seperti ini, limbah domestik akan berkurang. Mereka juga akan terbiasa memilah sampah,” ujarnya, Senin (10/10/2022).

Tidak hanya itu, kata Asnelly, warga Kampung Mantap Lingkungan Hidup juga akan melakukan kegiatan penanaman pohon di bantaran sungai.

“Ini untuk mencegah erosi. Jika erosi berkurang, kekeruhan sungai juga berkurang,” katanya.

Asnelly menyampaikan memang saat ini pihaknya fokus mengurangi pencemaran sungai akibat limbah domestik, karena memungkinkan untuk dilakukan dalam waktu dekat. Berbeda dengan penambangan emas tanpa izin (PETI) yang permasalahannya kompleks, dan melibatkan berbagai pihak.

“Kalau terhadap perusahaan, harus ada tindakan hukum. Dan yang paling susah itu penambangan emas ilegal. Penanganan penambangan emas liar itu susah ditangani, terlalu komplek. Sedangkan yang paling bisa kita dekati dalam waktu dekat ini soal sampah domestik,” pungkasnya. (Msa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here