Al Haris: Pemprov Terus Dorong Anak Muda Jambi untuk Berinovasi

Al Haris: Jangan Pernah Berhenti untuk Berinovasi
Al Haris: Jangan Pernah Berhenti untuk Berinovasi

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi, Al Haris berpesan kepada mahasiswa dan pelajar yang mengikuti Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023 agar jangan pernah berhenti untuk berinovasi karena inovasi adalah bagian dan cara kita merubah mindset pola pikir untuk jadi orang yang berhasil dan bisa berkembang dimasa mendatang.

Pesan tersebut disampaikan Al Haris saat menutup kegiatan Apresiasi dan Penganugerahan Pemenang Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023, bertempat di Aula Balitbangda Provinsi Jambi, Kamis (10/08/2023).

Kegiatan Lomba Inovasi Produk Daerah tahun ini mengusung tema “Aksi Kreatif dan Inovatif Dalam Meningkatkan Nilai Tambah Produk Lokal”. Dikatakan Al Haris, melalui ajang kompetisi seperti Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023, bisa menjadi media dalam menumbuhkembangkan inovasi di Provinsi Jambi.

“Kompetisi seperti Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023 Provinsi Jambi mempunyai cukup banyak potensi yang dikembangkan, memerlukan inovasi yang bisa menjadi media dalam menumbuhkembangkan inovasi tersebut, juga dapat melahirkan inovator-inovator yang dapat menciptakan inovasi yang menjadi solusi-solusi dalam meningkatkan perekonomian daerah, membuka lapangan pekerjaan baru bagi Masyarakat,” jelas Al Haris.

“Saya sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023 sebagai upaya untuk meningkatkan budaya berinovasi dikalangan mahasiswa dan masyarakat umum di Provinsi Jambi,” sambungnya.

Al Haris mengemukakan, sebagaimana diketahui bersama bahwa rendahnya nilai tambah komoditi unggulan daerah masih menjadi salah satu kendala dalam pengembangan ekonomi lokal, untuk itu perlu pendekatan kreativitas dan inovasi yang membudaya ditengah masyarakat, sebagai faktor pengungkit (leverage) ditengah pergeseran ekonomi yang berbasis industri menuju ekonomi berbasis pengetahuan.

“Pada dasarnya, inovasi dapat diperoleh melalui discovery (penemuan), invensi (penciptaan, perancangan) maupun pembaharuan suatu produk dengan metode atau cara yang baru. Sehingga pada konteks ini, inovasi dapat diartikan sebagai kegiatan penelitian, pengembangan dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada kedalam produk atau proses produksi,” ungkap Al Haris.

Selain itu, Al Haris juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus mendorong anak-anak muda Jambi untuk melakukan inovasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pendekatan kreativitas dan inovasi yang membudaya ditengah masyarakat terus dikembangkan sehingga terciptanya produk unggulan berbahan baku lokal yang mampu bersaing dipasar lokal dan nasional maupun internasional. Dengan kata lain bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi generasi sekarang.

“Banyaknya Inovatif dari anak-anak muda sekarang yang berhasil menjuarai dunia itu adalah teman-teman kita dari aplikasi-aplikasi yang menjadi orang kaya dunia, seperti Facebook dan sebagainya. Ya, Indonesia juga ada kayak-kayak playstore, ada juga yang dari sumber lain dari sampah inovasi gitu, tapi begitu dia meledak dipakai orang banyak, nah, dia menjadi sesuatu magnet yang bernilai yang akhirnya membuka lapangan usaha baru bagi masyarakat, bagi orang-orang kita. Ini orang-orang belanja sekarang melalui aplikasi play store saja bisa menghasilkan,” tambah Al Haris.

“Saya menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang, dengan harapan semoga kegiatan ini dapat menjadi stimulus dalam berkreativitas dan berinovasi dikalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat agar generasi kedepannya mempunyai daya saing yang kuat di Provinsi Jambi,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Al Haris juga menyerahkan penghargaan berupa piala dan piagam serta uang pembinaan kepada mahasiswa dan pelajar yang meraih kemenangan pada Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023.

Sementara itu, Kepala Balitbangda Provinsi Jambi Sri Argunaini melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat, pelajar dan mahasiswa untuk berbudaya kreatif serta inovatif dalam penerapan teknologi yang dapat diimplikasikan kepada masyarakat, mendorong terciptanya produk unggulan berbahan baku lokal yang mampu bersaing dipasar lokal dan nasioanal serta memperkuat inovasi jejaring daerah masyarakat, mahasiswa dan pelajar.

Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023 ini diraih oleh Qomariah dengan judul inovasi Pinea Eco-Paper Bag dari Universitas Jambi. Kemudian Joko Prabowo, Hariansah, Heru Irawan (Mesin pengupas kulit nanas Politeknik Jambi) serta M.Riyan Sulari, Budi Saputra, Disky Aryansha (Mesin pengupas biji pinang kering kualitas super dengan metode doubelerol).

(Sapra Wintani/Foto : Harun Al Rasiyid/Video : Erit Sutriedi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here