Pemprov Jambi Komitmen Terus Dukung Fasilitasi Kebutuhan Jemaah Calon Haji

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Arif Munandar, SE berpesan kepada Jemaah Calon Haji (JCH) fokuskan hati dan pikiran untuk melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji, jangan terlalu banyak memikirkan keluarga, rumah, dan harta yang ditinggalkan.

Pesan Gubernur Jambi tersebut disampaikan Arif Munandar saat melepas Pemberangkatan 450 Jemaah Calon Haji (JCH) Provinsi Jambi dari Kota Jambi berjumlah 442, Petugas KBHIU 2 orang, TPHD 1 orang dan Petugas Kloter 5 orang, yang tergabung dalam Kloter 26 Provinsi Jambi Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, bertempat di Asrama Haji Kota Baru Jambi, Jumat (07/06/2024) malam.

Gubernur Jambi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Arif Munandar menyampaikan bahwa berdasarkan informasi yang diterima bahwa cuaca di Arab Saudi diperkirakan sangat panas, dan akan mencapai suhu 48 hingga 50 Derajat Celcius saat puncak haji.

“Untuk itu, saya berpesan kepada para Jemaah Calon Haji untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik, agar bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan sebaik-baiknya, fokus, dan khusyuk, serta kembali ketanah air/Provinsi Jambi dalam keadaan sehat wal’afiat,” ucap Gubernur Jambi melalui Arif Munandar.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan Jemaah Calon Haji, bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk memastikan segala persiapan dan pengaturan telah terpenuhi dengan baik. Selain itu Pemerintah Provinsi Jambi juga memberikan bimbingan dan pembekalan yang diperlukan untuk menghadapi perjalanan ibadah ini, serta berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan stakeholder terkait untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan Jemaah,” lanjutya.

Lebih lanjut Arif Munandar menyampaikan pesan dari Gubernur Jambi kepada Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD)/Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) serta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), sebagai garda terdepan dalam melayani Jemaah Haji di Tanah Suci.

“Saya menitipkan Jemaah calon haji asal Provinsi Jambi agar dibantu mereka selama pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. Laksanakan amanah tugas dengan sebaik-baiknya guna kelancaran ibadah haji. Semoga tugas yang dilaksanakan dengan penuh dedikasi dan keikhlasan menjadi amal ibadah yang dibalas Allah dengan berlimpah kebaikan didunia dan akhirat,” pesannya.

“Saya juga berpesan untuk menjaga kekompakan, persaudaraan dan persatuan, saling menolong dan membantu. Selain itu, sebagai duta bangsa, saya berharap para Jemaah Calon Haji untuk mematuhi peraturan yang berlaku, baik dalam penyelenggaraan haji maupun norma yang berlaku di negara lain, membawa nama baik daerah dan bangsa,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H.Zoztafia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi melalui Bapak Gubernur Jambi yang telah memfasilitasi dan membantu keberangkatan haji mulai dari Jambi Bandara Sultan Thaha Jambi ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam, selain itu juga termasuk akomodasi lainnya.

Zoztafia menyebutkan bahwa kondisi kesehatan para jemaah pada umumnya baik, meskipun ada 16 jemaah yang menggunakan kursi roda. “Kami berharap semua jemaah menjaga kesehatan dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan, agar dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar,” ujarnya.

(Diskominfo Provinsi Jambi/Sapra Wintani/Foto: Novriansah/Video Erict Sutriedi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here