Komitmen Bangun Sektor Pertanian di Batanghari, Fadhil Serahkan Bantuan Alsintan

BATANGHARI, AksesJambi.com – Bupati Batanghari, Mhd. Fadhil Arief menghadiri Penyerahan Alat Mesin Pertanian dan Hadiah Lomba serta Penghargaan Kelembagaan Petani dalam Rangka Mendukung Super Tangguh Kabupaten Batanghari Tahun 2024. Bertempat di Halaman Kantor Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Batanghari, Senin (10/06/2024).

Melalui Kementrian Republik Indonesia, direktorat jenderal sarana dan prasarana telah mengalokasikan anggran dana yang bersumber dari APBN tahun 2024 berupa bantuan kepada para petani kita yang ada di kabupaten batang hari, adapun bentuk dari bentuk dari bantuan tersebut berupa:

1. Pompa Air Honda WB30XN NF :10 Unit
2. Pompa Air Ishoku PA80-3S GP Premium+ Shark SP200 : 15 Unit
3. Pompa Air MBI-P100 : 10 Unit
4. Pompa Air Guntur GTO-6L  : 2Unit
5. Pompa Air Beje Bj 100  : 15 Unit
6. Traktor Roda 2 Quick Amberjack   : 35 Unit
7. Traktor Roda 2 Quick G3000 Zeva  : 20 Unit
Jumlah: 107 Unit.

Selain itu, Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Batanghari juga telah menyalurkan bantuan alsintan yang bersumber dari dokumen pelaksanaan anggaran perubahan (DPA-P) tahun 2023 berupa:

1. Cultivator             :  7 Unit
2. Pompa Air            :  7 Unit
3. Power Thresher  :  5 Unit
4. Traktor Roda 2     : 11 Unit

Bantuan Alsintan yang bersumber dari DAK Tahun 2023 berupa:
1. Pompa Air    : 38 Unit
2. Cultivator      : 35 Unit.

Bupati Batanghari, Mhd. Fadhil Arief mengucapkan Terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, kepada seluruh pemangku kepentingan, terlebih kepada jajaran penyuluh dan petani se-Kabupaten Batanghari atas kerja keras dan komitmennya dalam membangun sektor pertanian, prestasi yang ditorehkan dalam 3 tahun terakhir telah memberikan manfaat nyata dalam mendukung program pemerintah daerah terutama dalam upaya kita memperkuat ketahanan pangan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari selalu berupaya meningkatkan sektor pertanian pada indeks pertanian (IP) lahan rawa menjadi lebih produktif dengan program optimasi lahan dan pompanisasi yang merupakan kerja sama antara dinas pangan, pertanian dan perikanan Kabupaten Batanghari dengan TNI. dengan program tersebut pemerintah daerah mendapat bantuan Alsintan dari kementrian pertanian untuk kegiatan pengolahan lahan.

Pemberian 55 Unit Traktor Roda 2 dan 52 Unit Pompa Air serta penghargaan bagi para penyuluh dan petani hari ini, saya harapkan dapat menjadi bagian penting dari upaya untuk membangun sektor pertanian yang super Tangguh di Kabupaten Batanghari, kita berharap penyuluh dan petani terbaik dapat terus meningkatkan prestasinya dan menjadi contoh bagi penyuluh dan petani yang lain.

Dihadiri, asisten II Setda, Pabung Batang Hari, Kadis Tanaman pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, Para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Batanghari. (IKP/Diskominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here