Beranda Akses Vaksinasi Lansia di Kota Jambi Baru Capai 27 Persen

Vaksinasi Lansia di Kota Jambi Baru Capai 27 Persen

KOTAJAMBI, AksesNews – Vaksinasi Covid-19 untuk kalangan lanjut usia (lansia) di Kota Jambi menunjukkan progres. Dari tanggal 8 hingga 9 Juni tahun 2021, sudah 1.411 orang lansia di Kota Jambi yang berhasil menerima vaksinasi.

Saat tanggal 8 Juni tahun 2021, ada 897 orang lansia yang berhasil divaksinasi. Keesokan harinya, lansia yang berhasil divaksinasi berjumlah 514 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jambi, Ida Yuliati, mengatakan vaksinasi tersebut dilakukan di 1 lokasi saat peluncuran “Gerakan Serempak: Pekan Vaksinasi bagi Lanjut Usia se-Provinsi Jambi”. Lalu, di 20 titik lokasi, yakni di kantor kelurahan, dan sebagainya.

“Puskesmas di Kota Jambi melakukan vaksinasi di titik yang sudah kami tentukan, seperti di kantor kelurahan. Lalu besok kita laksanakan di 20 tempat yang berbeda lagi,” katanya, Kamis (10/06/2021).

Dengan jumlah tersebut, kata Ida, kini pencapaian vaksinasi lansia di Kota Jambi sudah 27 persen, dari total lansia di Kota Jambi yang berjumlah 54.219 orang.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi untuk lansia di Provinsi Jambi, ditargetkan mencapai 10 persen.

“Jadi, sekitar 2.500 sampai 3.000 lansia yang kami targetkan (di Kota Jambi) yang menerima vaksinasi dalam pekan ini. Sedangkan dalam dua hari kemarin, sekitar 1.400-an,” ujarnya.

Namun, sebagian orang lansia dan keluarganya, masih percaya berita miring tentang vaksinasi Covid-19. Hal ini menjadi tantangan untuk Dinkes Kota Jambi.

“Apabila sudah 70 persen lansia yang sudah divaksinasi, itu akan membentuk kelompok health immunity. Itu yang sekarang kami kejar,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi