Beranda Akses Tebo Siapkan 5 Puskesmas Tempat Rapid Test Covid-19

Tebo Siapkan 5 Puskesmas Tempat Rapid Test Covid-19

TEBO, AksesJambi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo dengan berbagai pertimbangan memutuskan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Thaha Saifuddin (STS) Muara Tebo dan 5 Puskesmas yang ada di Tebo akan dijadikan lokasi pemeriksaan rapid test bagi warga yang diduga memiliki gejala terpapar virus Corona (Covid-19).

Hal tersebut dismpaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo dr. Riana Elizabeth, MKM. Menurutnya, kegiatan rapid test di Puskesmas sudah mulai dilakukan sejak, Sabtu (09/05/2020) kemarin, pada pukul 13.00 WIB.

“Sudah kita lakukan rapid test kemarin jam 1 siang keatas, agar supaya warga yang rapid test tidak kontak dengan staf Puskesmas maupun warga yang sedang berobat ke Puskesmas tersebut,” kata dr. Riana, Minggu (10/05/2020).

Selain itu, rapid test juga akan dilakukan diruangan terbuka dan sehabis rapid test, diminta kepada Tim pencegahan Gugus Tugas Covid-19 Tebo untuk melakukan penyemprotan desinfektan.

Untuk kelima Puskesmas yang dijadikan lokasi rapid test Covid-19, sebagai berikut:

Puskesmas Bangun Seranten Kecamatan Muara Tabir untuk warga Kecamatan Muara Tabir, Puskesmas Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir untuk warga Kecamatan Tengah Ilir dan Tebo ilir.

Puskesmas Tegal Arum Kecamatan Rimbo Bujang untuk warga Kecamatan Rimbo Bujang, Rimbo ulu dan Rimbo ilir, Puskesmas Tuo Pasir Mayang untuk warga Kecamatan Tujuh Koto dan Tujuh Koto ilir.

Puskesmas Pulau Tamiang untuk warga Kecamatam Tebo Ulu dan Serser, dan RSUD STS untuk warga Kecamatan Tebo Tengah dan Sumay.

“Dijadikannya RSUD STS dan 5 Puskesmas sebagai lokasi rapid test sebagai upaya untuk mendekatkan warga ke lokasi rapid dan persiapan-persiapan untuk itu terus dilakukan,” pungkasnya. (Hms)