Beranda Akses Hadirkan Menparekraf, ITLA: Tour Leaders Sudah Ditempa untuk Menjadi Kuat

Hadirkan Menparekraf, ITLA: Tour Leaders Sudah Ditempa untuk Menjadi Kuat

BATANGHARI, AksesJambi.com – Di masa pandemi Covid-19 ini, bidang pariwisata sangat merasakan dampaknya. Terlebih untuk para pelaku atau pekerja pariwisata di Indonesia. Namun, dalam kondisi seperti ini, Indonesian Tour Leader Association (ITLA) sangat cepat beradaptasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Tetti D.S Ariyanto selaku Ketum ITLA, dikatakannya ketika Pandemi Covid-19 mulai masuk ke Indonesia, dampak terhadap pariwisata sangat terasa sekali. Namun, meski kondisi saat ini, ketika tour leaders berada di lapangan, yang difokuskan adalah tamu-tamu, mereka harus terlayani dengan baik dan harus aman.

“Kita harus bertanggung jawab dan berkoordinasi dengan mitra di lapangan. Mau cuaca bagus atau buruk, mau kondisi berubah, tour leader sudah ditempa bagaimana harus kuat dan membuat keputusan yang tidak membahayakan dan minim akan resiko” ungkapnya pada Press Conference HUT ITLA ke-12, Sabtu (12/04/2021).Dikatakannya, ketika Covid-19 terjadi, adaptasi tour leaders terhadap keadaan ini langsung 360 derajat berubah dan beradaptasi. 

“Kita share pengalaman itu, terutama di dunia pendidikan. bagaimana bisa beradaptasi, dan tidak hanya sebagai penyintas dan survive saja. Tetapi bagaimana kedepannya lebih maju dan mantap lagi dengan tempa-tempaan ini,” sambungnya.

Tidak hanya itu saja, Tetti juga mengatakan, dalam moment HUT ITLA ke-12 ini, peran jurnalis juga sangat diperlukan untuk menginspirasi seluruh pekerja maupun calon pekerja pariwisata. Sehingga pariwisata Indonesia bangkit dan akan lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Dengan mengusung tema ‘Tour Leader Unggul, Indonesia Maju’ HUT ITLA ke-12 ini juga menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno sebagai pemateri dalam pembukaan HUT ITLA.

Selain itu, ITLA juga menghadirkan Kaprodi UPW STIEPAR Yapari Bandung, Ketua Jurusan Perjalanan STP Bandung, Dekan Fakultas Komunikasi & Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Duta Besar Indonesia untuk Negara Turki, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia. Trade Marketing & MICE Manager Indonesia – Dubai Tourism dan CEO TFA Manasik – Land Operator of Saudi Arabia

Tidak hanya itu saja, kegiatan ini pun juga disponsori oleh, Tobben, Indoreisen, Bucherer, Bernina Express, Coster Diamond, Drubba dan F2F, Gassan, ONTA (Online Travel Service), Sandy Kataja (Indonesian Authorize Tour Guide juga ITLA Annual Sponsor dari El Corte Ingles, Gublin, Foto De Boer, The Bicester Shopping, serta Galleries Lafayette.

Sementara itu, menurut Bob Moningka dengan adanya support dari sponsor baik dari dalam maupun luar negeri. Tentunya itu merupakan peluang besar untuk memajukan SDM Indonesia,

“Ini merupakan investasi yang tak terlihat, namun harus menjadi semangat karena memberikan dampak untuk memajukan pariwisata Indonesia,” pungkas pria yang akrab disapa Om Bob ini. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi