Beranda Akses Haidir, SE: Dinsos Sungai Penuh Optimalkan Penyaluran Bansos kepada Masyarakat

Haidir, SE: Dinsos Sungai Penuh Optimalkan Penyaluran Bansos kepada Masyarakat

SUNGAIPENUH, AksesJambi.com – Pelayanan optimal terus dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Sungai Penuh bagi warga kurang mampu. Kali ini, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sungai Penuh merekomendasikan masyarakat yang tidak terdata untuk mendapat bantuan sosial (Bansos).

Hal tersebut merupakan manifestasi usulan RT dan pemerintah desa untuk memberikan bantuan kepada mereka yang tidak terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan belum menerima bantuan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Kepala Dinas Sosial Kota Sungai Penuh, Haidir, SE mengungkapkan bahwa dari 2018 lalu setiap penyaluran selalu melakukan pemantauan secara langsung, hal ini untuk memastikan bantuan ini tepat sasaran.

“Kami dari dinas sosial akan terus berupaya dalam membantu dan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat dan juga selalu melakukan pemantauan guna memastikan bantuan ini tepat sasaran,” ungkap Haidar.

Sebelum dilakukan penyaluran, pihaknya juga melakukan pengecekan terhadap kesiapan dari e-Warung dan kesiapan kelompok dalam melakukan penyaluran untuk seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Sungai Penuh.

Kepala Bidang  Perlindungan Jaminan Sosial, Sev Eka Putra,mengatakan dampak Covid-19 telah menurunkan daya beli serta ekonomi masyarakat menurun karena itu, Dinsos Kota Sungai Penuh bersama  Pemerintah Desa membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 untuk mendapatkan bansos,” Selasa (09/11/2021).

“Warga kurang mampu tetapi tidak terdata dalam daftar DTKS, Dinas akan memberi rekomendasi ke Provinsi Jambi agar mereka memperoleh bantuan” ujar Sev.

Selain itu, Dinses Kota Sungai Penuh juga memberikan pelayanan serta pendampingan dalam pengambilan bantuan sembako dengan membuat e-warung disetiap desa serta kamelaksanakan monitoring penggesekan Kartu dan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di e-Warung di sejumlah kecamatan dalam Kota Sungai Penuh.

Dinsos Kota Sungai Penuh juga bekerjasama dengan PDAM Tirta Khayangan melakukan distribusi air bersih ke rumah penduduk di Kecamatan dalam wilayah Kota Sungai Penuh.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Sungai Penuh dalam musim kemarau, dimana suplay air bersih melalui pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) belum berjalan normal karena masih rendahnya debit air baku.

Dalam hal ini bantuan yang diberikan Dinas Sosial justru sangat dirasakan oleh masyarakat Kota Sungai Penuh akan kebutuhan air bersih.

Dalam beberapa kejadian kebakaran yang terjadi di Kota Sungai Penuh, Dinas Sosial Kota Sungai Penuh juga ikut andil dalam proses pemadaman api, dengan menerjunkan beberapa unit mobil Tanki Dinas Sosial dilapangan dalam menyuplay air bagi Armada Pemadam Kebakaran. (Jnf)

DRadio 104,3 FM Jambi