Beranda Akses Ombudsman Dorong Pemprov Jambi Tingkatkan Swab Test Covid-19

Ombudsman Dorong Pemprov Jambi Tingkatkan Swab Test Covid-19

JAMBI, AksesNews – Kasus positif Covid-19 di Provinsi Jambi terjadi peningkatan yang sangat tajam, per tanggal 09 Oktober 2020 terkonfirmasi penambahan kasus 45 orang dinyatakan positif Corona, dengan itu total kasus terkonfirmasi positif sebanyak 760 kasus.

Kepala Ombudsman Jambi, Jafar Ahmad mendorong Pemprov Jambi untuk terus dapat meningkatkan uji swab bagi seluruh lapisan masyarakat terutama bagi kalangan yang bekerja pada bidang yang berinterkasi langsung dengan kelompok masyarakat lainnya seperti pekerja rumah sakit, di pasar serta tempat pelayanan publik.

“Kepala Ombudsman RI juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Jambi jika benar atas informasinya akan menambah alat tes PCR (Polymerase Chain Reaction), guna untuk memasifkan pemeriksaan terhadap masyarakat yang dirasa sangat membutuhkan,” kata Jafar, Jumat (09/10/2020).

Hal senada juga disampaikan kepada Pemkot Jambi yang juga akan memiliki alat tes PCR secara mandiri. Ombudsman juga menghimbau kepada seluruh Pemda yang ada di lingkup Provinsi Jambi untuk sama dapat melaksanakan ataupun meningkatkan tes PCR mandiri.

Mahalnya biaya uji tes swab Covid-19 saat ini tak luput menjadi sorotan mata Kepala Ombudsman Jambi yang merupakan jebolan Universitas Indonesia tersebut.

Menurut Jafar, semua instansi terkait yang memiliki kewenangan dalam hal ini mesti memperhatikan kondisi masyarakat untuk menanggung biaya tes swab yang sangat mencekik.

“Kami melihat di beberapa rumah sakit uji swab ini masih berbayar, kami juga berharap kiranya instansi terkait di Jambi dapat mencontoh Sumbar yang menggratiskan biaya tes swab,” harapnya.

Ardy Daud Berharap Uji Swab di Jambi Bisa Digratiskan

Selain itu, Jafar juga menjelaskan betapa pentingnya pemberlakuan uji swab secara massal, dan kiranya agar bisa dilakukan Pemprov Jambi. Sebab, dengan adanya uji swab secara massal itu sebenernya dapat membantu pemerintah dalam pemetaan daerah mana saja yang banyak terpapar Covid-19.

“Dengan dilakukanya hal tersebut, sehingga bisa diambil tindakan-tindakan yang sekiranya dapat memutus mata rantai penyebaran virus itu sendiri dan juga pemerintah pun dapat dengat tepat mengambil langkah yang diperlukan,” imbuhnya.

Di sisi lain, Jafar Ahmad menyampaikan Pemprov Jambi pasti mampu melakukan penanganan Covid-19 asalkan betul-betul ditangani secara serius dan penuh tanggung jawab. (Bjs/Rls)

DRadio 104,3 FM Jambi